Dampak Perang Dunia 1 di Bidang Politik| Ekonomi dan Sosial

Dampak Perang Dunia 1World War I (dalam bahasa Inggris) merupakan konflik paling mematikan ke-6 dalam sejarah dunia , memiliki pengaruh atau dampak dalam berbagai kehidupan manusia seperti dalam bidang politik , ekonomi , dan sosial. Perang berskala global yang terpusat di Eropa ini berlangsung selama hampir 4 tahun , tepatnya dari tanggal 18 Juli 1914 hingga 11 November 1918.
Jalannya perang dunia 1 melibatkan kekuatan besar dunia , terbagi ke dalam dua aliansi berbeda yang saling bertentangan. Yaitu Blok Sekutu (Britania Raya , Rusia/Uni Soviet , Perancis dll) dan Blok Sentral (Jerman , Italia , Austria Hongaria dan lain-lain). Lebih dari 70 juta pasukan militer (darat , laut dan udara) ikut melibatkan diri dalam perang besar di dunia ini.
Sebelum kita fokus membahas mengenai dampak perang dunia 1 , apakah kalian sudah mengetahui tentang latar belakang terjadinya PD I ? Jika belum , baca ini : Sebab Umum dan Khusus Perang Dunia 1.

Dampak Perang Dunia 1

Dampak Perang Dunia 1

Berikut ini rangkuman akibat berlangsungnya perang dunia I dalam berbagai bidang , antara lain :

Dampak Perang Dunia 1 dalam Bidang Politik

1. Lahirnya Negara-Negara Baru yang Merdeka
Salah satu dampak PD 1 yang cukup nyata dapat kita amati adalah adanya beberapa negara memisahkan diri atau memutuskan untuk merdeka bebas dari kekuasaan negara lain. Contohnya seperti Rumania , Cekoslavia , Polandia , Finlandia , Hongaria , dan Yugoslavia.

2. Dibentuknya LBB (Liga Bangsa-Bangsa)
Liga Bangsa-Bangsa adalah organisasi yang dibentuk untuk tujuan penyelesaian pertentangan/konflik melalui cara damai yakni dengan diplomasi dan negosiasi serta melucuti senjata dan mencegah perang. LBB dibentuk pada tahun 1920 , setelah dilakukannya konferensi perdmain di Paris pada tahun 1919.

Keberadaan LBB ternyata gagal untuk mencegah terjadinya perang , hal ini dibuktikan dengan adanya pertempuran yang masih berlanjut pada perkembangan berikutnya , seperti PD II. Pasca Perang Dunia II LBB secara resmi dibubarkan , perannya digantikan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

3. Runtuhnya 4 Kekaisaran Besar di Eropa
Dampak perang dunia 1 dalam bidang politik lainnya adalah keruntuhan kekaisaran monarki besar di Eropa. Perlu kalian ketahui , Eropa merupakan basis kekuasaan monarki terbesar di Dunia , beberapa diantaranya seperti Kekaisaran Jerman , Turki , Rusia dan Ottoman. Kemenangan PD I di pihak Sekutu mengakibatkan kekuasaan monarki hancur , kerajaan-kerajaan tersebut kemudian sistem pemerintahannya berubah menjadi Republik.
Selain tiga dampak diatas , ada beberapa akibat lain di bidang politik seperti munculnya faham/ideologi baru , contohnya Nazi di Jerman , fasis di Italia , Komunis di Rusia , Militer di Jepang dan Nasionalisme di Turki. 

Dampak Perang Dunia 1 dalam Bidang Ekonomi

Selain di bidang politik , dampak PD 1 juga dirasakan dalam bidang Ekonomi. Tidak hanya dirasakan oleh negara-negara di Eropa , tapi menyeluruh sampai ke penjuru dunia. Berikut ini dampak perang dunia 1 dalam bidang ekonomi , antara lain :