Menlu Israel Sebut Indonesia Negara Penting, Target Nomor Satu

Israel masih terus berusaha menormalisasi hubungan diplomatik dengan negara-negara pro-Palestina, dan Indonesia ada di puncak wish list negara Zionis itu.

Berbicara dalam siaran Army Radio, Selasa (25/1), Menteri Luar Negeri Yair Lapid mengatakan Israel ingin menggaet lebih banyak negara masuk Kesepakatan Abraham.

Israel, dengan bantuan Amerika Serikat sebagai broker, sejauh ini telah berhasil membujuk Uni Emirat Arab (UAE), Bahrain, Sudan, dan Maroko meneken kesepakatan pembukaan hubungan diplomatik tersebut.

Sejarah Hubungan Kennedy dan Soekarno Indonesia

“Jika Anda bertanya kepada saya apa negara-negara penting yang sedang kami incar, Indonesia adalah salah satunya, Arab Saudi tentu saja –tetapi proses ini membutuhkan waktu,” kata Lapid. Dalam dua tahun ke depan, lanjut Lapid, sejumlah negara kecil kemungkinan akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Dia tidak menyebutkan negara-negara yang dimaksud.

Arab Saudi dan Indonesia telah menegaskan pembahasan mengenai kemerdekaan Palestina sebagai syarat mutlak normalisasi hubungan dengan Israel.