Pengertian Upah Kerja

Dalam hal pekerjaan, upah adalah salah satu topik diskusi terpenting. Mengetahui apa itu upah, dan bagaimana kaitannya dengan pekerjaan Anda, dapat membantu Anda menjadi lebih terinformasi dalam mengambil keputusan terkait karier Anda.

Upah mengacu pada pembayaran untuk pekerjaan yang diselesaikan oleh seorang karyawan. Jenis pembayaran ini mungkin per jam atau gaji, tergantung pada ketentuan yang disepakati antara majikan dan karyawan. Umumnya, upah dikenakan pajak setelah diperoleh. Seringkali, pemberi kerja akan menawarkan tunjangan bersama dengan upah seperti asuransi kesehatan, rencana pensiun dan hari libur selain tingkat gaji mereka.

Untuk gaji karyawan yang bekerja dengan tingkat upah per jam, mereka biasanya dibayar pada akhir setiap minggu atau dua mingguan berdasarkan jam kerja selama periode waktu tersebut.

Definisi: Apa itu Upah?

Upah adalah bagian mendasar dari tempat kerja, namun banyak orang tidak sepenuhnya memahami apa itu upah. Mengetahui definisi upah sangat penting untuk memahami bagaimana Anda dibayar dan hak-hak Anda sebagai karyawan.

Sederhananya, upah adalah pembayaran yang dilakukan untuk pekerjaan yang diselesaikan. Ini biasanya mengacu pada kompensasi berbasis jam atau gaji untuk pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan, meskipun juga dapat merujuk pada komisi, bonus, dan bentuk pembayaran serupa lainnya. Upah juga bisa merujuk pada pembayaran yang dilakukan dalam bentuk barang, seperti barang atau jasa daripada uang. Tergantung pada negaranya, upah dapat diatur oleh undang-undang dengan standar upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah daerah atau pemberi kerja.

Pada akhirnya, memahami apa itu upah adalah kunci dalam menegosiasikan tingkat gaji dan kesejahteraan finansial Anda secara keseluruhan sebagai seorang karyawan.

Jenis Upah

Istilah “upah” memiliki berbagai arti, tergantung pada konteksnya. Upah dapat merujuk pada kompensasi karyawan atas layanan yang dilakukan, atau dapat berarti jumlah uang yang dibayarkan secara total oleh bisnis kepada karyawannya. Selain itu, upah sering digunakan sebagai ukuran inflasi dan aktivitas ekonomi. Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai jenis upah dan implikasinya yang terkait.

Jenis upah yang paling umum dikenal sebagai upah per jam, yang ditentukan dengan membagi gaji tahunan seseorang dengan jumlah jam kerja dalam setahun. Misalnya, jika seseorang menghasilkan $30 per jam, gaji tahunannya adalah $60.000 (30 x 2080). Upah per jam sering digunakan untuk menghitung upah lembur ketika seorang karyawan bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu.

Upah minimum

Upah minimum adalah jumlah minimum uang yang harus dibayarkan pemberi kerja kepada karyawan mereka untuk pekerjaan yang dilakukan. Ini biasanya diatur oleh peraturan pemerintah dan ditegakkan oleh undang-undang ketenagakerjaan. Tujuan dari upah minimum adalah untuk memastikan bahwa pekerja menerima kompensasi yang adil atas kerja mereka, serta melindungi mereka dari eksploitasi dari majikan yang mungkin mencoba memanfaatkan orang-orang yang rentan atau putus asa dengan menawarkan upah rendah. Di sisi lain, beberapa ekonom berpendapat bahwa menaikkan upah minimum dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan karena pemberi kerja tidak mampu menanggung biaya tambahan.

Di Amerika Serikat, tingkat upah minimum federal telah stagnan sejak 2009 di $7,25 per jam. Namun, pemerintah negara bagian dan lokal diizinkan untuk menetapkan upah yang lebih tinggi untuk mencerminkan kurva biaya hidup mereka sendiri dan kondisi ekonomi yang spesifik di wilayah mereka.

Keuntungan Upah Lebih Tinggi

Konsep upah adalah bagian penting dari ekonomi global. Upah adalah pembayaran yang diberikan kepada karyawan untuk tenaga dan layanan mereka, biasanya dibayarkan secara mingguan atau bulanan. Namun, salah satu aspek terpenting dari upah adalah ketika upah tinggi, pekerja memiliki lebih banyak daya beli dan stabilitas ekonomi. Berikut adalah beberapa keuntungan dari upah yang lebih tinggi:

Salah satu keuntungannya adalah peningkatan pengeluaran di kalangan konsumen. Ketika individu memiliki upah yang lebih tinggi, mereka biasanya membelanjakan lebih banyak uang di seluruh perekonomian daripada menyimpannya di bank atau menginvestasikannya di tempat lain. Pengeluaran yang meningkat ini dapat menyebabkan pertumbuhan pekerjaan, karena bisnis kemungkinan akan mempekerjakan orang tambahan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan. Selain itu, ketika konsumen melakukan pembelian yang lebih besar karena upah yang lebih tinggi, ini mendorong aktivitas ekonomi di berbagai sektor seperti ritel dan manufaktur yang membantu menciptakan lapangan kerja dan mendorong inovasi di industri ini.

Kerugian dari Upah Rendah

Upah yang rendah dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap standar hidup individu, kualitas hidup, dan kesejahteraan ekonomi secara keseluruhan. Dalam artikel berjudul “Definisi Upah” ini, kita akan melihat kerugian yang terkait dengan mendapatkan upah rendah.

Upah yang rendah seringkali membuat individu tidak mampu membeli kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan perawatan medis. Hal ini dapat menyebabkan kemiskinan dan membatasi akses seseorang ke kesempatan pendidikan atau program pelatihan kerja yang dapat membantu mereka mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi. Upah yang rendah juga mempersulit individu untuk menyimpan uang untuk pensiun atau keadaan darurat, membuat mereka rentan secara finansial di tahun-tahun berikutnya.

Penerima upah rendah juga lebih cenderung hidup dari gaji ke gaji, tidak mampu membeli barang mewah seperti liburan atau mobil baru.

Kesimpulan

Kesimpulan dari definisi upah sederhana; upah adalah apa yang diterima pekerja sebagai kompensasi atas kerja mereka. Upah dapat dibayar dalam bentuk uang atau barang, seperti barang atau jasa, dan dapat diperoleh oleh karyawan, kontraktor, dan jenis pekerja lainnya. Penting untuk dicatat bahwa upah biasanya tidak sama dengan gaji; sementara kedua bentuk kompensasi mewakili uang yang diperoleh karyawan dari pekerjaannya, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Sebagai contoh, gaji umumnya mengacu pada jumlah pembayaran tetap selama periode waktu tertentu sementara upah biasanya mengacu pada pembayaran untuk pekerjaan per jam atau pekerjaan borongan.

Singkatnya, penting untuk memahami perbedaan antara upah dan gaji saat membahas topik terkait pendapatan. Mengetahui berapa banyak yang akan Anda hasilkan per jam sangat penting untuk menetapkan ekspektasi dan penganggaran dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *