Wawasan

Mengapa Air Laut Asin?

Kamu pasti pernah sedang asyik berenang di tepi pantai dan secara tidak sengaja menelan air laut kan? Ya, rasanya pasti asin. Mengapa air laut asin? Padahal, air tawar di tengah hujan, sungai, dan bahkan es tidak asin. Pernahkah kamu berpikir berapa banyak garam yang terlarut dalam air laut? atau bukan …

Read More »

Kenapa Langit Berwarna Biru?

Ketika kamu melihat ke langit, pernah nggak sih kamu bertanya di dalam hati kenapa langit berwarna biru? Atau kamu dulu mengira warna langit itu putih padahal itu adalah awan? Darimana sih asal warna biru tersebut? Yuk kita simak jawabannya dibawah guys! Langit berwarna biru disertai awan. Sumber gambar: ansteystock.deviantart.com Jadi …

Read More »

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan?

Angin sepoi-sepoi, awan berwarna abu-abu kehitaman, suara gemuruh dari langit adalah salah satu ciri bahwa sebentar lagi akan terjadinya hujan. Jika kamu tahu bagaimana proses terjadinya hujan, ternyata ga sesimpel yang kita lihat loh guys! Mau tahu proses terjadinya hujan itu bagaimana? Yuk disimak pembahasan di bawah ini. Tetesan hujan. …

Read More »

Bagaimana Proses Terjadinya Petir?

Kamu sering merasa ngeri/takut nggak kalau lihat petir? Biasanya petir muncul saat hujan. Sebelum kita mendengar suara gemuruh di langit, kita sekilas melihat cahaya kilat menyambar permukaan bumi. Cahaya kilat yang disertai suara mahabesar terkadang membuat kita merinding ya guys! Bagaimana proses terjadinya petir itu? Mari kita kulik bersama! Petir …

Read More »

Bagaimana Proses Terjadinya Pelangi?

Setelah hujan terjadi terkadang kamu melihat lengkungan cahaya di langit yang terdiri dari berbagai warna atau yang biasa kita sebut sebagai pelangi! Entah mengapa ada perasaan takjub ketika kita melihat pelangi. Kamu penasaran dengan bagaimana proses terjadinya pelangi? Yuk disimak pembahasannya ya guys! Pelangi adalah fenomena optik yang terjadi ketika …

Read More »

Bagaimana Proses Terjadinya Tsunami?

Halo guys! Walau belum tahu bagaimana proses terjadinya tsunami, pasti kamu udah nggak asing lagi kan sama bencana ini. Penyebab Indonesia sering dilanda oleh tsunami adalah karena Indonesia berada diantara 3 lempeng tektonik dan ring of fire. Nah kamu perlu tahu bahwa bencana ini merupakan salah satu bencana mematikan yang …

Read More »

Bukti Bumi Bulat Menurut Para Ilmuwan

Pernah nggak sih kamu ngebayangin bagaimana sebenarnya bentuk bumi? ┬áKalau dilihat dari gambar-gambar dan globe sih bentuknya bulat guys! Kalau kamu masih bingung sama konsep atau bukti bumi bulat atau datar, kamu bisa membaca bahasan di bawah ini yang membuktikan kalau bumi itu bulat! Ngga percaya? Yuk dibaca! Bukti bumi …

Read More »

Kenapa Bulan Februari Hanya Ada 28 Hari?

Bulan-bulan pada kalender masehi pada umumnya berjumlah 30/31 hari. Tapi kenapa bulan Februari hanya ada 28 hari? Februari berasal dari kata latin februa/februarius, yang berarti pemurnian atau dapat diartikan suatu istilah untuk pesta penyucian yang diselenggarakan oleh bangsa Romawi kuno. Bulan ini adalah bulan yang memiliki hari paling sedikit diantara …

Read More »

Seberapa Berat kah Awan Itu?

Salah satu fenomena di langit yang kita sering lihat setiap harinya adalah awan. Kalau langit tidak memiliki awan, bagaimana ya rasanya? Pasti kita udah kepanasan tuh! Apa kamu pernah berpikir seberapa berat awan? Kalaupun memang berat, kok bisa ngga jatuh yaa ke permukaan bumi? Penasaran? Dibaca yuk guys! Sumber gambar: …

Read More »

Jika Kamu Terjatuh ke Gunung Berapi, Bagaimana Kamu Akan Mati?

Kamu anak pencinta alam? Suka mendaki gunung? Wah pasti seru yaa kalau sedang mendaki dan menyaksikan keindahan alam! Tapi guys, terkadang kesenangan yang sedang kamu rasakan justru bisa membuat kamu kurang waspada nih terhadap medan gunung, khususnya gunung berapi. Kamu pasti pernah mendengar kasus jatuhnya pendaki ke kawah gunung berapi …

Read More »