Zaman Arkaekum : Ciri-Ciri dan Gambarnya

Apa pengertian zaman Arkaikum? bagaimana ciri-ciri kehidupannya , dan apakah zaman ini sudah ada manusia yang hidup di bumi? Pertanyaan tersebut akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Arkaekum merupakan tahap awal pembabagan zaman berdasarkan geologi , pada perkembangan selanjutnya ada zaman-zaman lain seperti Paleozoikum , Mesozoikum dan Neozoikum.
Keempat zaman diatas , termasuk zaman Akrkaekum tentu memiliki ciri-ciri dan karakteristik berbeda dari satu dengan yang lainnya. Perbedaan juga dapat kita ketahui dari kapan waktu berlangsungnya zaman tersebut , di mana terjadi pada puluhan bahkan ribuan jutaan tahun yang lalu. Mari kita kupas bersama-sama pembahasan berikut ini.

Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya

Zaman Arkaekum bisa disebut juga Arkaezoikum (masa kehidupan purba) atau Arkaen. Pengertian zaman Arkaekum adalah masa awal pembentukan batuan kerak bumi , berlangsung sekitar 2500 juta tahun lalu , masa ini merupakan zaman tertua. Pembentukan batuan kerak bumi kemudian berkembang menjadi protokontinen.
Zaman Arkaekum
Gambar zaman Arkaekum (Ilustrasi). Sumber : http://deswal.ru
Batuan kerak bumi yang dibentuk disebut dengan perisai benua dan kraton , batuan ini juga ditemukan di beberapa bagian bumi. Terbentuk setelah terjadi pendinginan di tepi balon bumi. Pada masa ini lempeng tektonik dan plate tectonic mulai terbentuk , lempeng-lempeng tersebut merupakan salah satu penyebab adanya gempa bumi.
Keadaan bumi pada zaman Arkaekum masih sangat panas , mirip dengan kehidupan di mata air panas. Hal ini disebabkan karena atmosfer dan indrosfer baru dibentuk. Pada tahap ini , baru ada kehidupan bakteri dan ganggang yang merupakan mikro organisma , hidup di dalam samudra (bisa dibilang kehidupan primitif). Peninggalan zaman Arkaekum yang berhasil ditemukan berupa fosil Cyanobacteria dan Stromatolit , ini adalah fosil tertua. Berdasarkan hasil penelitian dan riset , diketahui berumur kira-kira 3500 juta tahun lalu.