Jumlah Penduduk| Suku Bangsa| Peta dan Profil Negara Filipina

Artikel ini berisi informasi mengenai profil negara Filipina , mulai dari jumlah penduduk , suku bangsa yang berada di Filipina dan gambar peta. Filipina merupakan salah satu dari 11 Negara Anggota Asean , bentuk negaranya sama seperti Indonesia , yakni Republik. Salah satu fakta menarik yang wajib anda ketahui yaitu Filipina adalah negara paling maju di Benua Asia pasca Perang Dunia II , namun pada perkembangan selanjutnya negara ini mengalami keterpurukan ekonomi , sehingga tertinggal jauh oleh negara-negara lain.
Filipina merupakan negara kepulauan. Terdapat sekitar 7.107 pulau di wilayah negara tersebut. Secara astronomis , Filipina terletak pada 4 derajat LU – 21 derajat LU dan 116 derajat BT – 128 derajat BT. Secara geografis , negara tersebut terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Batas-batas wilayah Filipina yaitu:
  • Sebelah utara: Taiwan.
  • Sebelah timur: Samudra Pasifik.
  • Sebelah selatan: Laut Sulawesi dan Laut Sulu.
  • Sebelah barat: Laut Cina Selatan.
Jumlah Penduduk , Suku Bangsa , Peta dan Profil Negara Filipina
Ikon Filipina : Dr. Jose Rizal Monument
Luas wilayah Filipina sekitar 300.076 km2. Pulau-pulau di Filipina antara lain Pulau Luzon , Pulau Mindano , Pulau Mindoro , Pulau Palawan , dan Pulau Cebu.

Jumlah Penduduk Filipina

Dikutip dari wikipedia , jumlah penduduk negara Filipina mencapai sekitar kurang lebih 100.981.000 orang. Sementara kedapatan penduduknya mencapai kurang lebih 340 km2. Data tersebut diambil pada tahun 2015. Jika kita analisis , jumlah tersebut cukup banyak dibanding negara-negara lain di asia tenggara bila dibandingkan dengan Singapura , Malaysia dan Brunei Darussalam.
Berdasarkan sejarahnya , Filipina pernah dijajah oleh bangsa Spanyol dari tahun 1565 sampai dengan 1821. Namun setelah perang Spanyol dan Amerika pada tahun 1898 , wilayah Filipina kemudian diduduki oleh Amerika Serikat.

Keadaan Alam Filipina

Daratan Filipina bagian dari pegunungan vulkanis. Puncak-puncak pegunungan tersebut sebagian besar berada di bawah permukaan laut. Kepulauan Filipina termasuk rangkaian Sirkum Pasifik. Maka dari itu , negara ini memiliki banyak gunung api seperti Gunung Mayon di Pulau Luzon , dan Gunung Apa di Pulau Mindanao.
Filipina memiliki iklim tropis. Suhu rata-rata mencapai 27 derajat C. Adapun curah hujan mencapai 2.030 mm. Sepertiga wilayah daratan Filipina berupa hutan. Di wilayah ini juga terdapat sekitar 10.000 spesies tumbuhan dan 700 spesies burung.

Baca juga: Sumber Daya Alam Asia Tenggara

Suku Bangsa Filipina

Dari 100 juta lebih jumlah penduduk Filipina , ternyata terdiri dari 100 suku bangsa. Penduduk terbesar adalah keturunan bangsa Spanyol , yang disebut Mestizo. Adapun penduduk asli Filipina adalah bangsa Negrito. Sebagian besar penduduk Filipina memeluk agama Katolik Roma. Namun ada juga yang memeluk agama Islam , yakni suku Mora yang berada di Pulau Mindanao. Kemudian bahasa yang digunakan penduduk Filipina yakni bahasa Tafalog (resmi) , Inggris dan Spanyol.
Kegiatan ekonomi utama penduduk Filipina adalah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain , padi , kelapa , abbaka , nanas , dan gula. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Filipina adalah pertambangan dan industri. Sementara itu hasil tambang Filipina meliputi : emas , tembaga , biji besi , kobalt , minyak bumi dan nikel. Ada pula penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka adalah penduduk yang tinggal di pulau-pulau kecil.