Kenapa Langit Berwarna Biru?

Ketika kamu melihat ke langit, pernah nggak sih kamu bertanya di dalam hati kenapa langit berwarna biru? Atau kamu dulu mengira warna langit itu putih padahal itu adalah awan? Darimana sih asal warna biru tersebut? Yuk kita simak jawabannya dibawah guys!

langit berwarna biru

Langit berwarna biru disertai awan. Sumber gambar: ansteystock.deviantart.com

Jadi awalnya semua warna itu berasal dari cahaya matahari guys. Cahaya matahari secara kasat mata terlihat putih. Padahal cahaya matahari terdiri dari semua warna pelangi loh! Kalau kamu tahu bahwa cahaya yang ada di bumi itu hanya bagian kecil dari energi cahaya di alam semesta guys! Keren ya!

Ketika cahaya putih yang berasal dari matahari menjalar melalui lapisan atmosfer, cahaya tersebut bertabrakan dengan molekul di udara. Pada saat bertabrakan, warna-warna yang berbeda atau panjang gelombang cahaya tersebar dengan jumlah yang berbeda. Cahaya biru (yang memiliki panjang gelombang lebih pendek) tersebar lebih banyak dari pada cahaya merah (yang memiliki panjang gelombang lebih panjang).

kenapa langit berwarna biru

Kenapa langit berwarna biru. Sumber gambar: physics.org

Nah ketika matahari berada di langit dan cahayanya melewati lapisan atomosfer, cahaya biru tersebar ke segala arah. Cahaya biru tersebar di segala penjuru oleh molekul kecil dari udara di atmosfer bumi. Warna biru lebih banyak tersebar dari warna lain karena panjang gelombang yang lebih kecil. Selain itu, cahaya juga dipantulkan dan tersebar oleh permukaan bumi. Semua hamburan ini tercampur dan oleh karena itu kita melihat langit berwarna biru guys!

Kenapa langit berwarna biru sudah terjawab. Sekarang, kalau sunset dan sunrise itu kan langit berwarna oranye, itu bagaimana?

Penjelasannya adalah posisi matahari yang lebih rendah menyebabkan cahaya tersebut harus melewati lebih banyak lapisan atmosfer sebelum cahaya tersebut mencapai mata kamu guys! Yang berarti sebagian besar cahaya biru telah tersebar dan yang tersisa hanya warna merah. Hasilnya seperti panorama warna yang indah seperti saat kita menyaksikan momen sunset dan sunrise.

Kamu juga bisa nih mencoba eksperimen untuk mengetahuinya, bisa dilakukan dengan percobaan menggunakan prisma yang berbentuk kristal khusus yang disinari oleh cahaya.