Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan banyak pembeli dan penjual, sehingga tidak ada satu pun dari masing-masing penjual atau pembeli yang dapat menentukan harga. Pada dasarnya tidak terdapat pasar yang mutlak sempurna di dunia ini. Akan tetapi salah satu contoh pasar yang mendekati adalah pasar beras, karena bentuk, warna dan tampilan lainnya relatif sama, serta penjual dan pembeli nya sangat banyak.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:

Pasar Monopoli

Permintaan dan Penawaran

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan pasar persaingan sempurna dengan pasar tidak sempurna. Berikut ini beberapa ciri-cirinya:

Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen

Adanya sifat ini menyebabkan masing-masing barang memiliki sifat saling menggantikan (substitusi) satu dengan yang lainnya. Dengan demikian pembeli bebas membeli pada penjual manapun, sementara penjual tidak dapat menentukan harga yang berbeda dengan penjual yang lain karena barang yang dijual tidak bersifat unik.

Terdapat banyak penjual dan pembeli

Tidak terdapat batasan mengenai jumlah penjual yang bisa berada di pasar dan jumlah pembeli yang membeli di pasar tersebut.

Pembeli dan penjual berlaku sebagai penerima harga (price taker)

Banyaknya jumlah penjual dan pembeli menyebabkan penjual dan pembeli memiliki sifat sebagai penerima harga (price taker), karena tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar (price maker).

contoh ciri ciri pasar persaingan sempurna

sumber gambar: wikispaces.com

Pembeli dan penjual bebas masuk dan keluar pasar

Tidak ada larangan bagi pembeli untuk membeli di pasar persaingan sempurna ini. Penjual juga dapat masuk dan menutup usahanya sekehendak hati. Misalnya jika penjual merasa mengalami kerugian selama berjualan di pasar tersebut, maka penjual tersebut dapat dengan mudah menghentikan usahanya.

Informasi sempurna

Baik pembeli maupun penjual memiliki informasi yang sempurna mengenai harga, kualitas serta jumlah barang yang ada di pasar. Adanya informasi yang sempurna menyebabkan penjual tidak akan mengenakan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjual lainnya pada barang yang sama. Jika penjual melakukan hal ini maka pembeli akan meninggalkan penjual tersebut dan membeli barang yang sama pada penjual lainnya yang menjualnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku

Faktor produksi dapat bergerak secara bebas

Karena tidak ada hambatan dalam memasuki pasar, maka penjual juga memiliki kebebasan unruk memindahkan faktor produksinya kemanapun.