Sejarah Hari Ini Tanggal 6 April

Sejarah Hari Ini Tanggal 6 April – Apa saja peristiwa sejarah besar yang berlangsung pada tanggal 6 April? Dalam sub tema (label) atau kategori pilihan  “History Today” , akan kita kupas beberapa peristiwa bersejarah penting yang dapat menambah wawasan kita , baik berupa kejadian , kelahiran , meninggal , hari raya , dan peringatan yang terjadi di Indonesia maupun di Dunia. Langsung saja berikut ulasannya..

1. Peristiwa Gerhana Matahari Pertama
Sejarah tanggal 6 April : Gerhana Matahari Pertama History Today
Tepat pada hari ini tanggal 6 April , tercatat dalam sejarah bangsa Yunani Kuno bahwa terjadi gerhana Matahari. Peristiwa besar ini berlangsung ribuan tahun lalu , tepatnya 648 SM (sebelum Masehi). Fenomena alam ini kemudian menjadi rujukan bagi ilmuwan zaman now untuk kepentingan penelitian , sehingga perkiraan kapan waktu tepat akan munculnya gerhana Matahari di kemudian hari dapat diketahui.

2. Amerika menyatakan perang terhadap Jerman 
Sejarah tanggal 6 April : Pernyataan Perang AS kepada Jerman History Today
Pada perang Dunia 1 , tepatnya pada awal tahun 1917 pihak Jerman memutuskan untuk tetap melanjutkan perang menggunakan kapal selam dengan target utamanya adalah kapal dagang yang akan menuju Britania Raya (Inggris). Tindakan Jerman ini kemudian di respon oleh Amerika Serikat , melalui kongres pada tanggal 6 April 1917 , AS menyatakan perang terhadap NAZI (Jerman).

3. Terjadi Pengeboman di Weliveriya , Srilangka
Sejarah tanggal 6 April : Pengeboman di Weliveriya , Srilangka History Today
Peristiwa bersejarah ketiga pada tanggal 6 April adalah pengeboman di kota Weliveriya , Srilangka pada tahun 2008. Kejadian ini diduga merupakan bom bunuh diri yang dibuat dan dalangi oleh kelompok Macan Tamil , terjadi pada saat perayaan tahun baru Sinhala dan Tamil , menewaskan 15 orang dan melukai lebih dari 90 orang.