Suku Primitif Di Indonesia yang Terancam Punah

Lensa Budaya ~ Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 17.550 pulau, 1027 bahasa dan 1500 suku. Dari 1.500 suku bangsa yang ada di Indonesia sembilan diantaranya  sekarang terancam punah jawaban kebijakan pembangunan yang mengancam pelestarian budaya suku asli Indonesia yang pada hasilnya keberadaan Suku Primitif Di Indonesia Ini Terancam Punah.

Seperti diketahui bahwa keberadaan tempat mereka terancam dan mereka harus menyingkir dari kawasan mereka sendiri alasannya keegoan para pengusaha. Sehingga setidaknya ada sekitar 10 Suku Primitif Di Indonesia Terancam Punah alasannya ulah para insan modern.

Suku Oni, Kabupaten Bone

Suku Primitif Di Indonesia yang Terancam Punah

Suku Oni yaitu suku primitif yang tinggal di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Suku ini mempunyai badan kerdil dengan tinggi hanya sekitar 70 sentimeter. Mereka hidup di gua-gua tersebunyi di kawasan pegunungan. Salah satu yang diketahui yaitu di Dusun Dekko Mapessangka Ponre sekitar 60 km dari kota Watampone.

Fisik suku Oni ibarat insan normal namun ukuran tubuhnya ibarat anak kecil, wajahnya keriput ibarat orang tua. Pakaian yang dipakai sehari-hari, terbuat dari kulit tenunan kayu dan dibuat menjadi pakaian. untuk kebutuhan sehari-hari, mereka hanya bergantung pada buah-buahan yang berada di hutan di sekitar pemukiman mereka.

Saat ini keberadaan mereka sangat sulit untuk diketahui dan ditemukan alasannya wilayah pemukimannya semakin tersebunyi.

Suku Korowai, Papua

Suku Primitif Di Indonesia yang Terancam Punah

Suku Korowai yaitu salah satu Suku Primitif Indonesia yang terancam punah keberadaannya. Mereka hidup di hutan pedalaman Pulau Papua. Populasi mereka diperkirakan hanya tinggal 3.000 jiwa saja dan jumlahnya terus mengalami pengurangan jawaban sering terjadinya perang antar suku serta serangan penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

Suku Korowai tinggal di rumah-rumah pohon yang tinggi menjulang dimana ketinggian rumah mereka sanggup mencapai 50 meter dari permukaan tanah. Suku Korowai ini juga dipercaya melaksanakan praktek kanibalisme yaitu dengan memakan daging manusia.

 

Suku Togutil, Halmahera Utara

Suku Primitif Di Indonesia yang Terancam Punah

Suku Togutil merupakan Suku Primitif Indonesia yang tinggal di Kepulauan Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Populasi mereka diperkirakan hanya tinggal 85 keluarga saja. Cara berpakaian Suku Togukil ini sama dengan suku-suku primitif lainnya di Indonesia. Suku ini tidak mengenakan baju ibarat insan modern tetapi mereka hanya mengenakan cawat yang hanya menutupi aurat mereka.

 

Suku Anak Dalam, Jambi

Suku Primitif Di Indonesia yang Terancam Punah

Suku Kubu atau yang dikenal luas ebagai Suku Anak Dalam atau Orang Rimba yaitu salah satu suku bangsa minoroitas yang hidup di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan, Indonesia. Populasi mereka ketika ini diperkirakan tinggal sekitar 200.000 orang saja.

Menurut tadisi mulut Suku Anak Dalam merupakan orang Maalau Sesat yang lari ke hutan rimba di sekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Dua Belas. Mereka kemudian dinamakan Moyang Segayo. Tradisi lain menyebutkan mereka berasal dari Pagaruyung yang mengungsi ke kawasan Jambi. Hal ini diperkuat dengan watak Suku Anak Dalam mempunyai watak dan bahasa dengan Suku Minangkabau. Sumatera Barat.

Saat ini kehidupan mereka sangat mengenaskan seiring dengan hilangnya sumber daya hutan yang ada di Jambi dan Sumatera Selatan. Proses-proses marginalisasi yang dilakukan oleh pemerintah dan suku bangsa mayoritas (orang melayu) menciptakan populasi mereka kian berkurang.