3 Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Apa perbedaan iklan baris dengan iklan kolom yang dimuat di dalam koran? Jenis-jenis iklan dibedakan atau dikelompokkan menjadi tiga , yaitu berdasarkan sifat , tujuan dan ruangnya. Iklan baris dan kolom merupakan jenis iklan berdasarkan ruangnya , iklan ini sering dimuat di koran maupun media cetak lainnya.

Kemudian dilihat dari sifatnya terdiri dari iklan non niaga (komersial) dan non niaga (layanan masyarakat). Selanjutnya yang paling sering kita lihat adalah iklan berdasarkan tujuannya , meliputi iklan penawaran , permintaan dan pengumuman. Baca Juga : Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom
Iklan Baris (Kiri) dan Iklan Kolom (Kanan)
Untuk mengetahui perbedaan iklan baris dan iklan kolom , kita perlu memahami tentang pengertian , ciri-ciri dan melihat contohnya terlebih dahulu. Secara umum , pengertian iklan baris adalah iklan singkat yang terdiri dari 3 hingga 6 baris dengan ukuran kolom sekitar 3×5 cm.

Jenis-jenis iklan baris sendiri sangat banyak , misalnya seperti iklan penawaran , penjualan , pencarian dan lowongan kerja.

Berikut ini ciri-ciri iklan baris , meliputi :
  • Tampilan iklan berwana hitam putih.
  • Ukuran kolom 3×5 cm.
  • Terdiri dari 3 hingga 6 baris.
  • Isi iklan singkat , langsung to the point.
  • Terdapat informasi alamat dan no hp pembuat iklan.
  • Biayanya pemasangan dihitung per baris.
Berbeda dengan iklan baris , iklan kolom adalah iklan yang bentuknya berdasarkan kolom , informasi lebih menarik karena disertai dengan gambar , isinya berupa promosi/penawaran/penjualan barang dan jasa. Ciri-ciri iklan kolom paling utama adalah terdapat gambar atau display.
Ukuran iklan kolom lebih besar , bahkan bisa satu halaman penuh di koran. Selain gambar , terdapat juga kata-kata penjelasan dan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Pemasangan iklan kolom berdasarkan per milimeter kolom.