5 Senjata Tradisional Khas Indonesia yang Super Unik

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Hal ini ditunjukan dengan beragamnya suku dan budaya di tanah air kita tercinta ini. Salah satu bukti keragaman budaya ini misalnya dengan banyak ditemukannya senjata-senjata tradisional di suku-suku beberapa wilayah nusantara.

Senjata-sejata tradisional itu bahkan tergolong sangat unik bahkan tidak dapat ditemukan dibelahan dunia lainnya. Ingin tahu apa saja senjata-senjata tradisional khas Indonesia tersebut?

Senjata Tradisional Khas Suku-Suku di Indonesia

  • Rencong, Aceh

Rencong atau Rintjong merupakan salah satu senjata adat di Indonesia khas miliki suku Aceh.  Rencong adalah simbol keberanian, identitas diri, dan ketangguhan Suku Aceh. Dalam sejarah mereka, Rencong adalah senjata tradisional adat yang sudah dipakai sejak masa pemerintahan Kesultanan Aceh pada masa kepemerintahan Sultan pertama, Sultan Ali Mughayat Syah.

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya 5 Senjata Tradisional Khas Indonesia yang Super Unik dan Gila!

Kedudukan Rencong sangatlah penting di Kesultanan Aceh, senjata ini selalu diselipkan di pinggang Sultan Aceh, para Ulee Balang kerajaan, dan masyarakat aceh pada umumnya. Di Museum Sejarah Aceh dapat kita jumpai Rencong emas milik Sultan Aceh, dari bukti sejarah ini dapat kita simpulkan bahwa Rencong memang sudah ada pada masa Kesultanan Aceh, tetapi pembuat pertamanya hingga sekarang ini masih belum diketahui.

Baca Juga
  • Kujang, Jawa Barat

Senjata khas dari kepulauan Indonesia selanjutanya adalah kujang yang berasal dari Jawa Barat. Kujang diperkirakan sudah ada sejak sekitar abad ke-8 atau ke-9. Senjata ini biasanya terbuat dari baja atau besi. Panjangnya secara umum kurang lebih sekitar 20 cm hingga 25 cm, dengan berat sekitar 300 gram.