Batas-Batas Wilayah Negara Jepang

Batas Wilayah Jepang – Mata hari terbit dan negeri sakura merupakan julukan negara Jepang. Secara geografis , letak Jepang berada di Benua Asia , tepatnya di kawasan Asia Timur sebelah barat Samudera Pasifik. Kemudian secara astronomis berada di titik koordinat  30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT. Dilihat dari lokasinya , Jepang berdekatan dengan negara Asia Timur lainnya seperti Korea Selatan , Korea Utara , dan China (Tiongkok).
Jepang memiliki luas wilayah 377.944 km2 , sementara populasi penduduknya mencapai lebih dari 127 juta jiwa. Ibu kotanya berada di Tokyo , bentuk pemerintahannya monarki konstitusional. Sama seperti Indonesia , Jepang merupakan salah satu negara kepulauan. Lalu , dimana batas-batas wilayah negara Jepang? Berikut ini penjelasannya.

Batas Wilayah Negara Jepang

Batas-Batas Wilayah Negara Jepang
Batas wilayah Jepang dibagi menjadi 8 zona , antara lain :
  • Sebelah Barat : Negara Korea Selatan dan Korea Utara , dipisahkan oleh Laut Jepang.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah Utara : Negara Rusia dipisahkan oleh Laut Jepang
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah Barat Laut : Negara Rusia , dipisahkan oleh Laut Jepang
  • Sebelah Barat Daya : Negara China (Tiongkok) , dipisahkan oleh Laut China Timur.
  • Sebelah Timur Laut : Samudera Pasifik
  • Sebelah Tenggara : Samudera Pasifik
Dari keterangan diatas , dapat kita ketahui bahwa negara Jepang berbatasan dengan negara lain di Asia Timur , namun dipisahkan oleh Laut Jepang dan Laut China Timur. Sementara di sebelah timur , timur laut dan tenggara berbatasan dengan Samudera Pasifik. 
Laut Jepang merupakan laut tepi yang terletak di sebelah barat Samudra Pasifik , sering disebut dengan nama Laut Timur. Laut ini mempunyai ombak yang sedikit dan tidak terlalu tinggi , hal ini karena dikelilingi oleh daratan. Dari kejauhan , laut ini seperti danau yang besar , yang dikelilingi oleh negara-negara di Asia Timur seperti Korea Utara , Korea Selatan , Jepang , China dan Rusia.
Dibalik kemajuan ekonomi dan wisata di negara Jepang , tidak terlepas dari negara-negara besar dan maju disekitarnya. Namun perlu Anda ketahui , Jepang merupakan negara rawan akan bencana alam. Hal ini karena terdapat lempeng-lempeng bumi di sekelilingnya. Maka tidak heran jika sering terjadi gempa bumi besar yang kemudian mengakibatkan tsunami.
Baca Juga :
  • Jumlah Penduduk Jepang Tahun 2018
  • Musim Semi , Panas , Gugur dan Dingin di Jepang
  • 7 Tempat Wisata Terkenal di Hongkong
Demikian pembahasan singkat terkait dengan Batas-Batas Wilayah Negara Jepang , semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar negara Jepang. Kurang lebih kami mohon maaf , sekian terima kasih.