Biografi Patih Gajah Mada dan Makamnya

Pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang sejarah dan biografi patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit beserta mitos beberapa makamnya. Sedikit pendahuluan , Gajah Mada merupakan patih dari kerajaan besar yang pernah berdiri di Nusantara. Gajah Mada terkenal dengan keberanian dan sumpah yang ia cetuskan , yaitu bernama Sumpah Pallapa.

Sumpah Pallapa adalah janji patih Gajah Mada untuk menyatukan wilayah Nusantara (Indonesia sekarang). Simak selengkapnya penjelasan terkait dengan biografi dan kisah hidup patih Gajah Mada beserta beberapa misteri keberadaan makamnya.

Biografi Patih Gajah Mada

Patih Gajah Mada merupakan panglima tertinggi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kejayaan Kerajaan Majapahit dibandingkan dengan patih-patih lainnya. Tercatat , tahun 1313 adalah awal karir Gajah Mada sebelum ia diangkat menjadi Patih Kerajaan Majapahit.

Gajah Mada memiliki peran penting dalam membasmi para pemberontak yang bermunculan. Setelah berhasil membasmi pemberontak , ia kemudian diangkat menjadi patih Kerajaan Majapahit. Gajah Mada bersama Raja Hayam Wuruk merupakan dua tokoh penting dalam memajukan kerajaan Majapahit sehingga pada masa ini berhasil membawa Majapahit ke masa kejayaan atau masa keemasan. Baca : Masa Kejayaan Kerajaan Majapahit

Sejarah Patih Gajah Mada

Seperti yang sudah dijelaskan diatas , sebelum Gajah Mada menjadi patih Kerajaan Majapahit , banyak sekali terjadi pemberontakan yang bermuncul. Adanya pemberontakan membuat situasi kerajaan menjadi genting , kacau dan tidak kondusif. Setelah berhasil mengalahkan pemberontakan , ia diangkat menjadi patih Kerajaan Majapahit. Patih Gajah Mada kemudian semakin dipercaya untuk menumpas segala pemberontakan yang ada.
Pada masa pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi , Gajah Mada berhasil mengalahkan pemberontak yang terjadi di Kete dan Sadeng (Situbondo). Ia kemudian diangkat menjadi Mahapatih Kerajaan Majapahit , posisi ini lebih tinggi dari jabatan sebelumnya yang hanya sebagai patih. Keberhasilannya sebagai mahapatih dibuktikan dengan berhasilnya merebut beberapa kerajaan yaitu meliputi kerajaan pejeng , melayu dan sisa Sriwijaya. Baca : Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sumpah Pallapa Gajah Mada

Perjalanan selanjutnya , yakni peran Patih Gajah Mada saat Hayam Wuruk sebagai raja Kerajaan Majapahit. Pada masa ini , Gajah Mada diangkat menjadi Patih Amangkubumi. Salah satu kejadian penting yang terjadi yaitu ia mengeluarkan sumpah dengan nama “Sumpah Palapa”.