Biografi Presiden Soekarno Singkat dan Lengkap

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang biografi Presiden Soekarno , salah satu pahlawan nasional dan tokoh proklamator Indonesia. Sampai saat ini , Ir Soekarno merupakan tokoh besar Indonesia yang namanya begitu familiar dan terkenal di masyarakat nasional maupun kancah internasional.

Peran dan jasa-jasa beliaulah yang membuat namanya hingga kini masih dikenang. Ir Soekarno merupakan tokoh proklamator kemerdekaan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu , Ir Soekarno juga menjabat sebagai presiden pertama Indonesia.

Bung Karno merupakan nama julukan atau panggilan dari sang proklamator kemerdekaan Indonesia ini. Ir Soekarno dikenal dengan pidatonya yang menggelegar kepada masyarakat saat berorasi didepan publik. Semasa hidup , beliau dekat dengan rakyat kecil sehingga muncul juga julukan sebagai penyambung lidah rakyat.

Nah pada artikel kali ini , kita akan membahas secara lengkap mengenai Biografi Ir Soekarno yang merupakan Presiden pertama Indonesia. Baca juga: Biografi Mohammad Hatta

Biografi Ir Sukarno Lengkap

Biografi Presiden Soekarno Singkat dan Lengkap
Tanggal 6 Juni 1901 merupakan hari lahir Presiden Soekarno. Beliau lahir di kota pahlawan , yaitu Surabaya. Nama lengkap beliau saat lahir adalah Koesno Sosrodihadjo. Namun karena sering mengalami sakit-sakitan saat kecil , sehingga namanya diganti menjadi Soekarno.

Soekarno atau dibaca “Sukarno” lahir dari keluarga kalangan bangsawan. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo , sementara ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Kedua orang tuanya bertemu di daerah Bali. Pertemuan kedua orang tua saat ayahnya menjadi guru di Bali , sementara ibunya merupakan bangsawan asli Bali.