Cerita Pencatat Adegan Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI

Kontroversi mengenai film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI kembali diperbincangkan. Terkait kontroversi yang terus bergulir, Jajang C. Noer, aktris kawakan Indonesia yang turut terlibat dalam proses produksi film sebagai pencatat adegan menjelaskan, tidak ada rekayasa yang sengaja dilakukan oleh tim produksi film dalam proses penggarapan film ini.

Jajang yang juga istri dari sang sutradara menerangkan, pemerintah ketika itu, melalui Gufran Dwipayana selaku Direktur Perum Produksi Film Negara (PPFN) meminta Arifin untuk membuat film tentang G30S. Permintaan itu kemudian disanggupi oleh Arifin.

“Ya, Mas Arifin ini diminta oleh pemerintah ya, dalam hal ini Pak Dwipayana dari PPFN, untuk membuat film tentang G30S ini,” terang Jajang.

Terkait dengan kesesuaian sejarah yang menjadi kontroversi, Jajang menjelaskan, Arifin telah melakukan proses riset yang panjang sebelum menyusun skenario film ini. Arifin, dikatakan Jajang telah nelusuri berbagai literatur dan melakukan riset ke berbagai sumber guna memastikan kesesuaian fakta yang ada.