Jika Kamu Terjatuh ke Gunung Berapi, Bagaimana Kamu Akan Mati?

Kamu anak pencinta alam? Suka mendaki gunung? Wah pasti seru yaa kalau sedang mendaki dan menyaksikan keindahan alam! Tapi guys, terkadang kesenangan yang sedang kamu rasakan justru bisa membuat kamu kurang waspada nih terhadap medan gunung, khususnya gunung berapi. Kamu pasti pernah mendengar kasus jatuhnya pendaki ke kawah gunung berapi karena melakukan selfie? Wah nggak kebayang deh rasanya kaya apa. Nah kalau kamu jatuh ke tempat tersebut, apakah masih bisa selamat? Disimak yuk pembahasan ini untuk pembelajaran.

kawah gunung berapi

Sumber gambar: volcano.si.edu

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:

Mengapa Air Laut Asin?

Bagaimana Proses Terjadinya Petir Itu?

Pertama yang harus kamu khawatirkan adalah magma dan lava guys! Pengertian gampangnya, magma itu adalah batuan cair yang berada di bawah permukaan bumi. Nah kalau lava itu magma yang berada di atas permukaan bumi, biasanya lava ada karena adanya letusan gunung berapi (erupsi). Nah kalau kamu jatuh ke gunung berapi, kemungkinan besar 2 hal ini nih yang membuat kamu akan mati! Kebanyakan dari pendaki awam atau pemula tidak menyadari bahaya magma dan lava ini bisa mengancam nyawanya setiap saat. Jadi kamu harus lebih hati-hati yaa sama dua cairan panas ini!

Magma dan lava adalah batuan cair, tapi sifatnya tidak sama nih seperti cairan-cairan lainnya. Magma dan lava lebih padat (bisa sampai 3 kali lebih padat dari air dan tubuh manusia). Karena adanya perbedaan kepadatan ini, ketika tubuh kamu jatuh ke dalam cairan tersebut kamu akan menjadi batuan panas yang mengapung guys! Nah magma dan lava juga dapat menenggelamkan kamu karena bukan hanya lebih kental daripada air, panas dari cairan ini juga dapat merusak tubuh kamu! Wah seram juga ya!

Apa ada kemungkinan ketika jatuh ke gunung berapi, kita tidak tenggelam oleh magma dan lava tersebut?

Masih ada kemungkinan sih kalau kamu bisa saja tidak tenggelam saat terjatuh, tapi panasnya itu yang akan membuatmu tidak tahan! Meskipun tidak tenggelam, terbakar sampai mati merupakan satu-satunya pilihan yang kamu punya. Nah jika kamu tenggelam, mungkin kamu tidak akan tenggelam secara cepat, namun secara perlahan cairan tersebut akan membakar kamu sampai tidak tersisa! Aduh ngeri banget deh guys.

Memang berapa sih suhu magma/lava?