Kuil Tertua Di Dunia

Kuil telah ada di dunia semenjak ribuan tahun yang lalu. Mereka ialah bukti budaya dan peradaban yang ada semenjak bertahun-tahun yang lalu. Dengan arsitektur dan strukturnya yang sangat menakjubkan, Kuil Tertua Di Dunia ini menciptakan semua orang di seluruh dunia terpesona melihatnya.

Berikut Kuil Tertua Di Dunia yang sangat indah dan mempesona

  • Palaces of Knossos
Kuil telah ada di dunia semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 KUIL TERTUA DI DUNIA
Dibangun disebelah tenggara Heraklion, Palace of Knossos telah dihuni selama beberapa ribu tahun. Kuil ini mulai dibangun sekitar tahun ketujuh milenium SM dan ditinggalkan sehabis kehancurannya pada tahun 1375 SM. Istana besar yang dibangun pada antara tahun 1700 dan 1400 dan istana pertama dibangun sekitar tahun 1900 SM. Fungsi situs ini tidak diketahui secara pasti, meski banyak yang menyampaikan situs ini dipakai sebagai sentra manajemen sebuah sentra keagamaan atau keduanya.Menurut mitologi Yunani, arsitektur kuil ini dirancang oleh arsitek Dedalos menurut perintah King Minos, yang kemudian menyimpan tahanan arsitek populer tersebut untuk memastikan bahwa ia tidak akan mengungkapkan rencana istana kepada siapapun. Istana tersebut dikaitkan dengan labirin mitologis. yang merupakan daerah tinggal Minotaur. Hal ini juga terkait dengan Legenda Theseus yang membunuh Minotour.

Istana tersebut ditinggalkan kira-kira sekitar selesai Zaman Perunggu yaitu antara tahun 1380-1100 SM lantaran banyaknya peristiwa yang terjadi ibarat gempa bumi dan kebakaran.

 

  • Gobekli Tepe
Kuil telah ada di dunia semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 KUIL TERTUA DI DUNIA
Kuil Tertua Di Dunia selanjutnya ialah Gobekli Tepe yang terletak di puncak bukit tenggara Turki. Kuil ini dianggap sebagai Kuil Tertua Di Dunia alasannya ialah sudah dibangun pada 10-8 milenium atau telah berusia hampir 11.000 tahun. Penggalian kuil ini telah dimulai pada tahun 1995 oleh Profesor Klaus Schmidt yang memandang bahwa situs ini ialah daerah perlindungan. Tetapi para arkeologi percaya bahwa daerah ini ialah daerah ibadah dan ritual atau untuk tujuan keagamaan.Di kuil ini banyak terdapat gesekan di atas patung-patung watu ibarat singa, rubah, babi hutan, ular, crane dan juga angsa liar. Pembangunan kuil ini mendahului tembikar, tulisan, roda dan juga peternakan. Tidak ada bekas tanaman atau binatang piaraan. Pemburu pengumpul dianggap orang yang membangun situs ini.

 

  • The Amada Temple
Kuil telah ada di dunia semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 KUIL TERTUA DI DUNIA

The Amada Temple ialah Kuil Tertua Di Dunia yang terletak di Nubia. Kuil ini dibangun oleh Dinasti 8, Thutmose III yang didedikasikan untuk Amun Ra dan Re-Horakhty. Kemudian Amenhotep II melanjutkan struktur dekorasinya. Kemudian penggantinya Thutmose IV meletakkan atap di halaman depanya. Selanjutnya Akhenaten menyebut nama Amun hancur di kuil namun dipugar oleh Seti I dari Dinasti ke-19.

Ada dua prasasti penting di Kuil Amada. Yang pertama milik Amenhotep II selama tahun ketiga pemerintahannya. Ini berlanjut untuk menggambarkan kekejamannya selama pertempurannya di Asia dan ia secara langsung mengeksekusi tujuh kepala distrik Takhesy sebelum menggantungnya. Teks kedua menyebutkan kekalahan dari percobaan invasi dari Lybia pada masa pemerintahan Merneptah.

Kuil ini ialah rumah bagi banyak fitur-fitur indah yang diawetkan termasuk relief berwarna cerah.

 

  • The Ggantija Temples
Kuil telah ada di dunia semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 KUIL TERTUA DI DUNIA

The Ggantija Temples dioperkirakan lebih renta dari Stonhenge dan Piramida Besar di Mesir. Dua Kuil Ggantija terletak di Xaghra, Gozo, Pulau terbesar kedua di Malta. Kuil ini dibangun di dataran tinggi Xaghra menghadap kearah tenggara dan tertutup dinding pembatas. The Ggantija Temples merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kuil Ggantija dibangun antara tahun 3600 SM – 3000 SM. Kedua kuil ini didedikasikan untuk Bumi Ibu Agung. Bukti menunjukkan bahwa mungkin ada nubuat disana. Nama Ggantija berasal dari kata “Ggant” kata orang Maltese berarti raksasa lantaran dongeng rakyat percaya bahwa bangunan ini ialah karya seorang raksasa yang membangunnya ketika menyusuiseorang anak.

Tidak banyak yang diketahui ihwal upacara keagamaan yang terjadi di kuil ini. Namun diyakini bahwa disini pernah terjadi pengorbanan manusia, binatang dan korban cair yang dituangkan melalui lubang libasi. Situs ini mungkin merupakan kultus kesuburan.

 

  • Hagar Qim dan Mnajdra
Kuil telah ada di dunia semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 KUIL TERTUA DI DUNIA

Hagar Qim dan Mnajdra dibangun antara tahun 3600 SM – 3200 SM. Kuil Hagar Qim terletak di tepi selatan Pulau Malta. Kedua kuil ini hanya berjarak 500 meter di komplek megalitik. Pada tahun 1992, UNESCO menetapkan kuil ini sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Diperkirakan kuil ini dipergunakan untuk daerah pengamatan astronomi atau sebagai kalender. Tidak ada tanda tertulis yang menyampaikan tujuan dibangunnya kuil ini. Namun dengan adanya sisa-sisa tulang binatang yang ditemukan bersamaan dengan pisau watu kurban dan lubang tali, Kuil-kuil ini tidak dipergunakan sebagai daerah kuburan lantaran tidak pernah ditemukan adanya mayat manusia.Tetapi kuil ini diperkirakan dipergunakan untuk program keagamaan.

Kuil Mnajdra terdiri dari sebuah kuil utama dan tiga bangunan megalitik disampingnya. Megalitik terbesar setinggi 7 meter dengan berat sekitar 20 ton yang terdiri dari tiga kuil yang menyatu tetapi tidak saling terhubung.