Potret Bocah Tahun 1938 Pikul Dagangan Keliling, Sangat Kontras Dengan Anak Belanda

Telah menjadi rahasia umum, bangsa Indonesia sempat dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad. Pada masa-masa itu, terlihat sekali bagaimana kehidupan begitu kontras antara pribumi dengan orang-orang Belanda. Seperti pada video viral satu ini.

Terlihat seorang bocah pribumi yang memikul dagangannya sembari berkeliling. Tampak pula bocah tersebut jalan tidak menggunakan alas kaki memadai. Sementara itu, terlihat pula anak Belanda yang mengenakan pakaian layak. Bahkan mereka mengenakan sepatu atau alas kaki yang cukup bagus.

Lantas bagaimana potret miris bocah pribumi yang kontras banget dengan anak Belanda? Melansir dari akun Instagram perfectlifeid, Kamis (23/12), simak ulasan informasinya berikut ini.

Pikul Dagangan Keliling

Sebuah video yang memperlihatkan kondisi zaman dulu sukses mencuri perhatian publik. Diketahui video tersebut diambil pada tahun 1938, saat Indonesia masih dikuasai oleh penjajah.

Video berdurasi beberapa detik itu menunjukkan potret miris bocah asli pribumi. Tampak bocah kecil itu memikul dagangan anyaman lidi dan bambu. Tanpa alas kaki memadai, dia berjalan kaki berjualan keliling.

“Potret bocah penjual anyaman lidi dan bambu di tahun 1938,” tulisnya dalam keterangan foto.

Kontras dengan Anak Belanda

Penampilan bocah tersebut tampak jauh berbeda dengan anak Belanda. Dalam video terlihat para anak Belanda mengenakan pakaian yang layak. Mereka juga banyak menggunakan alas kaki atau sepatu yang cukup bagus.

Video tersebut memperlihatkan anak Belanda yang hendak membeli mainan bocah pribumi. Tampak bocah ini begitu semangat menjual dagangannya.

Tak hanya dia, dalam video juga diperlihatkan kondisi Indonesia saat di masa penjajahan. Banyak dari pribumi yang berdagang demi memenuhi kebutuhan hidup.

Curi Perhatian Publik

Potret miris bocah pribumi dengan anak Belanda ini sontak menjadi viral di media sosial. Beragam komentar pun membanjiri unggahan tersebut. Banyak masyarakat yang merasa miris dengan kondisi saat itu.

Video Potret Miris Pribumi & Anak Belanda

Telah menjadi rahasia umum, bangsa Indonesia sempat dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad.

Pada masa-masa itu, terlihat sekali bagaimana kehidupan begitu kontras antara pribumi dengan orang-orang Belanda.