Profil Negara Papua Nugini (New Guinea) dan Kehidupan Masyarakatnya

Profil Negara Papua Nugini – Artikel kali ini , kita akan membahas profil singkat Papua New Guinea dan kehidupan masyarakatnya. Papua Nugini merupakan negara yang berbatasan langsung dengan papua barat (Indonesia bagian timur). Ibu kotanya Port Moresby , kepala negara Ratu Inggris (salah satu negara bekas jajahan Inggris). Sementara kepala pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri. Berdasarkan sejarahnya , wilayah Papua Nugini telah dihuni sejak 50.000 tahun yang lalu. Negara ini memiliki beragam budaya , misalnya terdapat lebih dari 800 bahasa.
Papua Nugini juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , seperti Oro Fjord (wisata budaya) , Rondo Ridge (sebuah mata air di dataran tinggi) dan yang paling menarik dan populer yaitu tempat peselancar di pantai Vanimo terletak di utara negara tersebut. Jika anda mempunyai rencana liburan ke Papua New Guniea , maka wajib mengetahui profil papua nugini secara singkat berikut ini.
Oro Fjord PNG
Oro Fjord PNG. Pic by : Silversea

Profil Negara Papua Nugini

Letak dan luas wilayah Papua Nugini
Secara geografis , Papua Nugini terletak di bagian timur Pulau Papua. Secara astronomis , Papua Nugini terletak pada 1 derajat LS – 12 derajat LS dan 141 derajat BT – 157 derajat BT. Negara ini memiliki batas wilayah sebagai berikut:
  1. Sebelah utara: Samudra Pasifik.
  2. Sebelah timur: Samudra Pasifik.
  3. Sebelah selatan: Laut Koral dan Laut Torres.
  4. Sebelah barat: Provinsi Papua.
Papua Nugini memiliki luas wilayah 462.840 km2. Luas tersebut mencakup lebih dari 600 pulau.

Keadaan Alam Papua Nugini
Hampir 80% daratan Papua Nugini berupa hutan rimba. Hutan di negara ini memiliki kekayaan flora dan fauna. Berdasarkan penelitian , 5% spesies dunia terdapat di Papua Nugini. Bagian tengah wilayah Papua Nugini berupa pegunungan. Puncak tertingginya adalah Gunung Wilhelm. Papua Nugini beriklim tropis. Pada bulan Desember hingga Maret terjadi musim penghujan.

Keadaan Penduduk di Papua Nugini

Peta Papua Nugini
Bangsa Melanesia adalah penduduk asli Papua Nugini , mereka hidup di daerah dataran tinggi. Penduduk Papua Nugini menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Tok Pisin sebagai bahasa nasional. Agama terbesar yang dianut penduduk Papua Nugini adalah Kristen. Agama lain yang berkembang adalah Katolik Roma dan kepercayaan tradisional.
Banyaknya hutan di negara ini menyebabkan kegiatan perekonomian masyarakatnya kebanyakan di bidang kehutanan. Selain itu , mereka juga melakukan bidang usaha industri. Industri andalan Papua Nugini adalah industri kayu. Hasil ekonomi lain penduduk Papua Nugini adalah pertanian dan pertambangan. Hasil pertaniannya antara lain kopi , kelapa , cokelat , karet , dan kelapa sawit. Adapun hasil tambangnya antara lain tembaga , emas , perak , nikel , kobalt , minyak bumi , dan gas alam.