Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya

Siapa Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya? Berdasarkan sumber sejarahnya baik dari luar maupun dalam negeri , keberadaan Kerajaan Sriwijaya sudah ada sejak tahun 671 Masehi , diketahui dari catatan pendeta Tiongkok bernama I Tsing pada masa Dinasti Tang. Saat itu , I Tsing mengunjungi Sriwijaya selama 6 bulan. Terdapat juga sebuah peninggalan sejarah berupa prasasti berangka tahun 682 , yakni Prasasti Kedukkan Bukit. Isinya menceritakan tentang raja bernama Dapunta Hyang.
Apakah Dapunta Hyang merupakan raja terkenal Kerajaan Sriwijaya? Perlu kalian ketahui , berdasarkan isi Prasasti Kedukkan Bukit , ia adalah pendiri kerajaan sekaligus raja pertama. Perlu anda pahami juga , raja terkenal disini maksudnya populer pada masanya , artinya memiliki pengaruh besar terhadap kerajaan dan kehidupan masyarakat.

Baca Juga : 12 Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya
Prasasti Nalanda

Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya

Berdasarkan sumber buku “Sejarah Nasional Indonesia Jilid II” , dijelaskan bahwa raja terkenal Kerajaan Sriwijaya adalah Balaputeradewa. Ia berkuasa pada tahun 856 masehi , saat itu ibu kota kerajaan berada di Suwarnadwipa. Terkenalnya Balaputradewa karena berhasil membawa Sriwijaya mencapai puncak kejayaan (keemasan).
Kerajaan Sriwijaya berhasil menjadi penguasa tunggal jalur perdagangan di selat-selat strategis yakni selat Malaka dan Sunda. Dengan kekuatan militer armada laut kuat , kerajaan ini menerapkan sistem bea cukai bagi kapal yang singgah atau melintas. Jalur laut di kedua selat ini pun tidak pernah sepi karena dijaga oleh Sriwijaya , sehingga keamanan kapal terjamin.