Usaha Kekaisaran Mongol Khubilai Khan Kuasai Singasari di Bawah Raja Kertanegara

Keinginan Raja Kertanegara untuk menaklukkan Melayu akhirnya tercapai. Misi ekspedisi Pamalayu pun membuahkan hasil dengan berhasil menaklukkan beberapa kerajaan yang ada di Pulau Sumatera.

Penaklukan sejumlah lokasi di Pulau Sumatera ini akhirnya didengar oleh Kekaisaran Mongol yang akhirnya dibuat marah dengan penguasaan Kerajaan Singasari ke Selat Malaka.

Dikisahkan pada buku “Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan” karya Muhammad Syamsuddin, Kekaisaran Mongol ini akhirnya mengirimkan seorang utusan ke Kerajaan Singasari bernama Meng Khi.

Baca: Kekaisaran Mongolia, Penguasa Dunia yang di Lumat Jawa

Baca Juga

Kedatangan utusan Mongol ini tentu agar Kerajaan Singasari bisa takluk ke tangan Kekaisaran Mongol di Tiongkok kala itu. Utusan Mongol yang datang pada 1289 ke wilayah Kerajaan Singasari, konon agar Kerajaan Singasari takluk kepada Mongol, dengan memberikan upeti.

Meng Khi, meminta Singasari dibawah kekuasaan Raja Kertanegara mengakui penguasaan Kaisar Mongol Khubilai Khan. Namun permintaan ini tentu saja ditolak mentah-mentah oleh Kertanegara.

Raja Kertanegara marah besar dengan kedatangan utusan Mongol ke wilayahnya. Sebagai raja besar di Pulau Jawa dirinya tak mau tunduk kepada siapapun, termasuk kepada Khubilai Khan, dari Kekaisaran Mongol.