Report Text

Pengertian Report Text

Report Text adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang menjelaskan detail suatu objek. Detail dalam teks ini adalah detail ilmiah yang meliputi penjabaran objek, baik fisik maupun nonfisik dari fakta-fakta ilmiah tentang objek tersebut.

Report Text termasuk ke dalam Descriptive Text yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi kepada pembaca mengenai objek dari teks ini sendiri. Meskipun Report Text dan Description Text memang hampir sama, namun sebenarnya dua teks ini berbeda. Report Text cenderung mengarah ke teks faktual ilmiah dan lebih umum dibandingkan dengan Description Text sehingga tidak ada opini subjektif dari penulis.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:

Procedure Text

Narrative Text

Ciri-Ciri Report Text

Generic Structure of Report Text

Report Text ini mempunyai generic structure yang sama dengan Descriptive Text, yaitu:

  • General Classification

Bagian ini berisi pernyataan umum yang menjelaskan keterangan objek dari Report Text ini.

  • Description

Bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena atau situasi yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat, kebiasaan ataupun tingkah lakunya. Pada intinya, bagian ini menjabarkan klasifikasi yang disajikan secara ilmiah. Namun, hal yang perlu diingat bahwa Report Text bukan merupakan teks berita, tetapi teks faktual ilmiah.

contoh report text

Contoh report text. Sumber gambar: worldhappiness.report

Contoh Report Text

Contoh Report Text 1 (tentang kulit)

Skin

Skin is the outer layer of the body. In human being, it is the largest organ of the system that covers our body. Our skin has a function to protect our body from infection and extreme temperatures, maintain fluid balance, and synthesize vitamin D for our personal needs.

Skin has three main layers, which are Epidermis, Dermis, and Hypodermis that have their respective tasks and need each other. The Epidermis layer is the outermost layer of the skin. This layer does not contain blood vessels, and is formed from Merkel cells, keratinocytes, with melanocytes and Langerhans cells. Under the Epidermis layer, there is Dermis layer. This layer contains hair follicles, sweat glands, sebaceous glands, apocrine glands, lymphatic vessels and blood vessels. This layer is connected to the Epidermis layer with the basement membrane. Structurally, this layer is divided into two regions, which are the region next to the epidermis called the Papillary region, and the thick inner region that is known as the Reticular region. Furthermore, there is Hypodermis layer which located below the Dermis layer. This layer is known as Subcutaneous tissue. Hypodermis serves to attach the skin to the underlying bone and muscle and supply them with blood vessels and nerves. The combination of these three main layers has an average thickness of 1 mm.

Berikut terjemahan dari contoh report text di atas:

Kulit

Kulit merupakan lapisan luar dari tubuh. Pada manusia, itu adalah organ terbesar dari sistem yang menutupi tubuh. Kulit kita memiliki fungsi untuk melindungi tubuh kita dari infeksi dan temperatur yang ekstrim, menjaga keimbangan cairan, dan mensistetiskan vitamin D untuk keperluan pribadi kita.

Kulit terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu Epidermis, Dermis, dan Hipodermis yang mempunyai tugas masing-masing dan saling membutuhkan. Lapisan Epidermis adalah lapisan terluar dari kulit. Lapisan ini tidak mengandung pembuluh darah, dan terbentuk dari sel Merkel, keratinosit, dengan melanosit dan sel Langerhans. Di bawah lapisan Epidermis, terdapat lapisan Dermis. Dermis berisi folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar sebaceous, kelenjar apokrin, pembuluh limfatik dan pembuluh darah. Lapisan ini terhubung ke lapisan Epidermis dengan membran dasar. Secara struktural, lapisan ini dibagi menjadi dua daerah, yaitu daerah yang berbatasan dengan epidermis yang disebut daerah papiler, dan area dalam tebal dikenal sebagai wilayah reticular. Selanjutnya, terdapat lapisan Hypodermis yang berada di bawah lapisan Dermis. Lapisan ini disebut dengan jaringan Subkutis. Lapisan Hipodermis berfungsi untuk menempelkan kulit ke tulang dan otot yang mendasarinya serta menyuplai dengan pembuluh darah dan saraf. Gabungan dari ketiga lapisan dasar ini rata-rata memiliki tebal 1 mm.

Penjelasan:

Dari teks di atas, dapat kita lihat bahwa teks tersebut tidak mengandung opini subjektif dari penulis dan mempunyai ciri-ciri yang sama dengan ciri-ciri Report Text, yaitu:

  • Berisi fakta-fakta ilmiah, seperti: Fungsi kulit serta lapisan kulit dan funginya.
  • Judul teks sangat umum.
  • Semua kalimat dalam teks di atas menggunakan Simple Present Tense.

Contoh: