Rumah Adat di Indonesia dan Penjelasan Lengkapnya Bagian 3

Rumah Adat di Indonesia

Melanjut artikel sebelumnya tentang rumah adat di Indonesia yang terletak di sekitar Pulau Jawa, pada kesempatan sore hari ini, saya akan membagikan informasi seputar rumah adat yang berasal dari tanah Borneo, Kalimantan. Berikut pemaparannya!

17. Rumah Adat Panjang, Kalimantan Barat

Rumah Panjang, begitu hunian tradisional adat asli Indonesia yang berasal dari Kalimantan Barat ini disebut. Seperti kebanyakan rumah adat di Sumatera, rumah khas suku Dayak di tanah Borneo Barat ini juga secara arsitektur tergolong dalam jenis rumah panggung. Bentuknya yang memanjang sesuai dengan namanya, tiang penyangga yang tinggi, serta anak tangga yang lebar adalah kekhasan yang membuat rumah adat satu ini berbeda dibandingkan dengan rumah adat lainnya. Namun, meski unik keberadaan rumah adat Provinsi Akcaya ini sekarang sudah mulai punah. Selain karena animo masyarakat yang lebih memilih membangun rumah dengan gaya modern, biaya untuk pembangunan dan perawatannya yang besar adalah alasan utama mengapa rumah adat panjang begitu sulit untuk dapat ditemui saat ini.

rumah adat di Indonesia yang terletak di sekitar Pulau Jawa 35 Rumah Adat di Indonesia + Gambar dan Pembahasan Lengkapnya 3/5

18. Rumah Adat Betang, Kalimantan Tengah

Meski secara demografis, Kalimantan Tengah sangat dekat dengan Kalimantan Barat, namun, bukan berarti bahwa Provinsi yang memiliki semboyan Isen Mulang ini tak memiliki rumah adatnya sendiri. Ya, Kalimantan Tengah punya rumah adat yang mereka beri nama Rumah Bentang.