Sejarah Tari Jaipong Dan Perkembangannya

Sejarah Tari Jaipong

Tari Jaipong adalah salah satu tarian tradisional yang berasal Dari Jawa Barat. Tarian ini lahir dari kreativitas salah satu seniman yang berasal dari Bandung, yaitu Gugum Gumbira. Beliau terinspirasi dari kesenian rakyat yang salah satunya yaitu Ketuk Tilu, dimana hal itu menjadikannya mengetahui dan juga mengenal benar tentang

perbendaharan pola-pola dari gerak tari tradisi yang terdapat di Kliningan atau Bajidoran atau Ketuk Tilu. Sehingga beliau bisa mengembangkan tarian atau kesenian yang saat ini dikenal dengan nama “Jaipongan”.

Sejarah Tari Jaipong

Menurut sejarahnya, karya Jaipongan yang pertama kali mulai dikenal oleh masyarakat yaitu tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong”, dimana kedua-duanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan. Pada awal kemunculannya, tari Jaipong semula kerap dianggap sebagai tarian yang sangat erotis dan juga vulgar, tetapi semakin lama tarian tradisional ini juga semakin popular serta mulai meningkat frekuensi dalam pertunjukkannya, baik itu di media TV (televisi), hajatan, ataupun di perayaan-perayaan yang disenggelarakan oleh pihak pemerintah ataupun oleh pihak swasta.