Tempat Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia

Lensa Budaya ~ Zaman Perunggu merupakan potongan dari sistem tiga zaman (Zaman Batu, Zaman Perunggu dan Zaman Besi) yang memberi deskripsi sejarah Peradaban Kuno secara efektif bagi beberapa daerah di dunia. Pada era tersebut ketujuh kawasan-kawasan tersebut merupakan daerah yang paling subur sehingga banyak berdiri kota dan negara dari Peradaban Kuno.

Peradaban-peradaban tersebut terpusat pada lembah sungai yang subur mirip Sungai Tigris dan Sungai Efrat di Mesopotamia, Sungai Nil di Mesir, Sungai Indus di Asia Selatan dan Yangtze serta Sungai Kuning di China. Peradaban Kuno yang berada daerah sungai merupakan peradaban yang sangat berpengaruh pada masa itu alasannya yaitu air dibutuhkan untuk membangun suatu masyarakat agraris juga sebagai sarana tansportasi selain laut.

  • Mesopotamia
 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Mesopotamia merupakan daerah subur tempat berdirinya beberapa kota besar pada zaman kuno. Pertemuan Sungai Tigrit dan Sungai Efrat di daerah tersebut membuat tanah yang subur dan persediaan air untuk irigasi. Peradaban-peradaban yang muncul disekitar kedua sungai tersebut merupakan peradaban non-numadis terkuno yang diketahui sejauh ini. Seperti Peradaban Sumeria, Akkadia, Asiria serta Peradaban Babilonia sehingga Kawasan Mesopotamia dianggap sebagai wilayah daerah Peradaban Tertua Di Dunia.

  • Peradaban Sumeria
 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Sumeria merupakan salah satu peradaban terlengkap pertama yang diketahui hingga ketika ini yang berkembang pada beberapa negara kota pada Milenium ke-4 sebelum masehi. Dakam peradaban inilah untuk pertama kalinya tercipta bata, roda, bajak dan gerabah.

Peradaban Sumeria muncul selama Periode Ubaid (6.500 – 3.800 SM) dan Periode Uruk (4.000 – 3.100 SM). Eridu merupakan situs Sumeria Tertua Di Dunia yang dihuni selama awal Periode Ubaid yang terletak beberapa mil di sebelah barat daya Ur.

Eridu merupakan tempat perpaduan antara kota kuil di Sumeria (Mesopotamia potongan selatan) dengan pemukiman kuno di daerah tersebut yang telah ada semenjak 5.000 tahun yang lalu.

Di Kawasan Mesopotamia bentuk goresan pena tercipta yaitu Huruf Paku (kuneiform) pada sekitar 3.000 SM. Kuneiform berawal dari sebuah sistem Piktograf. Gambar-gambar tumpuan tersebut berangsur-angsur menjadi lebih sederhana dan abstrak. Kuniform ditulis pada Sabak tanah liat dan hurufnya di gambar dengan buluh yang berfungsi sebagai Stilus.

Bagi Bangsa Sumeria, Hanya anak orang kaya dan aristokrat saja yang berhak menerima pendidikan baca tulis. Mereka berguru di tempat yang disebut Edubba, Budaya menulis telah menyumbangkan catatan sejarah akan keberadaan peradaban ini. Salah satu Karya Tulis Tertua Di Dunia yaitu Wiracarita Gilgamesh berasal dari peradaban ini.

Pada kurun ke-24 SM, Kekaisaran Akkadia berdiri di Mesopotamia dan beberapa kurun berikutnya berdiri juga Kerajaan Asiria dan di susul dengan Kerajaan Babilonia.

 

  • Sungai Nil
 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Daerah aliran Sungai Nil di Afrika Utara merupakan tempat perkembangan Peradaban Mesir Kuno sekitar 6.000 SM. Masyarakat Pra-Kerajaan Mesir (sebelum sistem monarki didirikan di Mesir) sudah bisa bercocok tanam dan mengembalakan ternak. Usaha komunikasi visual awal sanggup teramati dari simbol-simbol yang terdapat yang terdapat pada Gerabah dari Gerzeh sekitar 4.000 SM yang mirip Hierglif Mesir Kuno. Mortal mulai dikenakan semenjak 4.000 SM dan Tembikar Glasing Bening mulai di produksi semenjak 3.500 SM. Sementara Rumah Sakit atau tempat perawatan medis telah didirikan sekitar 3.000 SM.

Bukti arkeologis mengindetifikasikan keberadaan insan di daerah barat daya Mesir akrab perbatasan dengan Sudan, Sekitar 8.000 SM, Iklim sahara lebih lembab daripada kini sehingga daerah tersebut memungkinkan untuk bercocok tanam di tanah yang kini telah gersang.

Perubahan iklim semenjak 3.000 SM menjadikan proses kegersangan secara berangsur-angsur dikawasan tersebut. Sebagai dampaknya, Beberapa Suku Kuno penghuni Sahara terdesak untuk pindah ke daerah akrab Sungai Nil pada sekitar 2.500 SM.

 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Bangsa Mesir Kuno dikenal alasannya yaitu sejumlah prestasi dan penemuan-penemuan sejarahnya. Diantaranya pembangunan Piramida, Ilmu Bedah Kuno, Ilmu Matematika, dan transportasi dengan memakai perahu. Kebangkitan dinasti-dinasti Mesir di mulai sesudah bersatunya Mesir Hulu dan Mesir Hilir sekitar 3.200 SM dan berakhir sekitar tahun 340 SM ketika di mulainya kuasa Dinasti Akhemeniyah atas wilayah Mesir. Kerajaan Mesir dipimpin oleh penguasa monarki bergelar Firaun yang pada puncak kejayaannya kerajaannya terbentang dari Delta Sungai Nil hingga Gunung Jebel Barkal di Sudan.

 

  • Lembah Sungai Indus

 

 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Lembah Sungai Indus juga merupakan salah satu Tempat Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia. Peradaban Lembah Sungai Indus atau Peradaban Harappa terjadi sekitar tahun 3.300 SM. Peradaban tersebut berpusat pada daerah sekitar Sungai Indus yang sebagian besar merupakan wilayah Pakistan, Afganistan, Iran dan India.terbentang ke timur hingga lembah Sungai Ghaggar-Hakra dan huluny berada di Doab, Gangga-Yamuna.

Peradaban tersebut terbentang ke barat hingga Pesisir Makran di Balochistan, ke utara sampai Afganistan Tenggara dan ke selatan hingga Daimabad di Maharashtra. Di peradaban inilah kegiatan pertanian pertama muncul di Asia Selatan. mirip Gandum, Jelai dan Jujuba di budidayakan pada tahun 9.000 SM Sementara budadaya domba dan kambing menyusul kemudian.

Sekitar Milineum ke-5 SM, Masyarakat agraris tersebar tersebar di daerah Kashmir. Di situs pemakaman dari peradaban ini ditemukan barang-barang yang sudah bisa diproduksi pada masa tersebut mirip keranjang, peralatan dari kerikil dan tulang, kalung, rantai, anting, pernik-pernik, dan ornamen dari kulit kerang, bata kapur, kerikil pirus, lapis lazuli, kerikil pasir dan juga tembaga.

 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Dalam Peradaban Lembah Sungai Indus, beberapa kota besar berkembang mirip Harappa (3.300 SM) Dholapira (2.900 SM), Mohenjo-Daro (2.500 SM), Lothai (2.400 SM) dan Rakhigarhi serta lebih dari seribu kota kecil dan desa-desa.

Pada simpulan Milenium ke-1 SM, Peradaban Perkembangan Lembah Sungai Indus memasuki Periode Weda, Kumpulan himne keagamaan yang menjadi fondasi bagi ummat Hindudan aspek kultural lainnya pada masyarakat India Awal. Rentang waktu pada periode ini tidak diketahui dengan pasti tetapi masa pberakhirnya diketahui terjadi sekitar pada kurun ke-6 SM. Pada masa tersebut sudah ada religi yang menjadi perintis bagi Agama Hindu mirip yang kita kenal pada masa sekarang.

 

  • Lembah Sungai Kuning
 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Kebudayaan awal Tiongkok tidak jauh dari daerah Sungai Kuning serta Sungai Yangtze karena didaerah tersebut banyak ditemukan peninggalan Prasejarah Tiongkok. Kebudayaan Neolitik Tertua yang ditemukan di Tiongkok diantaranya Pengtaushan (Sungai Yangtze), Peilingang (Sungai Kuning) yang semuanya bermula semenjak tahun 7.000 SM.

Masa Kebudayaan Pengtaushan sulit untuk dipastikan dengan pasti dan hasil perhitungannyapun bervariasi antara tahun 9.000 SM hingga tahun 5.500 SM. Di situs kebudayaan tersebut ditemukan sisa-sisa beras yang berasal dari tahun 7.000 SM. Sementara di Situs Purbakala Jiahu, ditemukan bukti pembumidayaan padi. Penemuan penting lainnya di Jiahu yaitu Seruling Kuno yang berasal antara tahun 7.000 – 6.600 SM.

Sementara Peiligang juga merupakan salah satu kebudayaan tertua di Tiongkok yang memproduksi gerabah. Baik Pengtaushan maupun Peiligang juga menyebarkan budidaya Jawawut, peternakan, penyimpanan dan distribusi pangan.

Piktograf yang diduga sebagai perintis Sistem Tulisan Bahasa Tionghoa berasal dari masa yang setua kegiatan pertanian dan peternakan di Tiongkok. Di Jiahu ditemukan sejumlah Piktograf yang dikenal sebagai Simbol Jiahu.

Sementara itu di Damaidi, Ningxia terdapat ribuan goresan pada tebing yang berasal dari masa 6.000 – 5.000 SM yang menampilkan 8.000-an piktograf mirip matahari bulan, bintang, dewa-dewi dan adegan perburuan dan juga peternakan. Piktograf tersebut mirip dengan huruf Tionghua Kuno yang diketahui selama ini.

Masa Kebudayaan Peiligang tergantikan dengan masa Kebudayaan Yangshao (5000 – 3000 SM). Pengaruh kebudayaan tersebut mencakup Tiongkok Utara. Kebudayaan tersebut kemudian tergantikan oleh Kebudayaan Longsan sekiatar tahun 2.500 SM. Pada situs arkeologis mirip Sanxingdui dan Erlitou terdapat juga bukti Peradaban Zaman Perunggu di Tiongkok. Pisau Perunggu dalam bentuk terkuno dari tahun 3.000 SM ditemukan di situs Majiayaodi Provinsi Gansu dan Qinhai.

 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia 7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

Menurut catatan Sejarah Tiongkok, Sungai Kuning dipakai sebagai irigasi pada sekitar tahun 2.200 SM oleh Yu Yang Agung, Perintis Dinasti Xia yang semi-mitologis. Dinasti Xia (2.100 -1.600 SM ) yaitu dinasti pertama yang disebutkan dalam catatan Sejarah Tiongkok diantaranya pada catatan Sejarah Agung oleh Sima Qian dan Sejarah Bambu.