Danau Paling Unik Di Indonesia

Indonesia yaitu negara yang banyak mempunyai kekayaan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Selain pulau yang indah dan menakjubkan Indonesia juga mempunyai banyak danau yang tersebar luas dari sabang hingga merauke. Diantara banyaknya danau di Indonesia mempunyai keunikan tersendiri yang tidak ada ditempat lain. Seperti danau Kelimutu yang berada dipuncak gunung Tambora, danau berwarna merah di Bengkulu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mau tau danau mana saja yang mempunyai keunikan yang ada di Indonesia? Mari kita simak ulasannya  Danau Paling Unik Di Indonesia berikut ini :

Danau Satonda, NTB

Danau Satonda yaitu sebuah danau yang terletak ditengah pulau Satonda yang termasuk kedalam kabupaten Dompu, NTB. Danau dengan luas 2,5 Km2 dan belum diketahui jenis habitat yang ada didalam danau ini alasannya yaitu belum pernah dilakukan penelitian. Danau ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu airnya asin mirip air laut. Hal ini di karenakan air danau menjadi asin alasannya yaitu tercampur dengan air maritim yang meluap dan terperangkap di danau pada dikala gunung Tambora meletus. Ini dimungkinkan alasannya yaitu jarak pulau Satonda dengan gunung Tambora sangatlah dekat.

Seperti diketahui letusan gunung Tambora merupakan letusan yang sangat dasyat sehingga sangat mungkin menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang sangat dasyat.

Danau Merah Pagaralam, Bengkulu

 

Danau Pagaralam  yaitu danau berwarna merah mirip darah yang terletak di pebukitan Raje Mandare, perbatasan antara kota Pagaralam dengan kota Kaur, Propinsi Bengkulu. Keunikan dari danau Pagaralam ini yaitu permukaan airnya yang berwarna merah.

Danau yang gres ditemukan pada tahun 2010 ini oleh sekelompok warga yang tengah melaksanakan ekspedisi dikawasan hutan dan bukit Rimbacandi.