Misteri Ratusan Kerangka di Himalaya

Roopkund adalah sebuah danau terpencil di Himalaya wilayah India yang sudah lama menarik perhatian arkeolog. Pasalnya, di sana ada banyak kerangka manusia, jumlahnya diperkirakan 800 orang. Kini, misterinya malah makin dalam.

Studi terkini yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications mencoba membongkar apa yang terjadi di ‘Danau Kerangka’ itu. Tapi hasilnya malah menimbulkan lebih banyak pertanyaan ketimbang jawaban.

Dikutip lensaBudaya dari National Geographic, pada awal tahun 2000, riset DNA mengindikasikan orang-orang yang meninggal di Roopkund adalah keturunan Asia Selatan. Mereka diduga kehilangan nyawa dalam sebuah peristiwa tunggal pada sekitar tahun 800.

Dalam studi terbaru yang menganalisa 38 kerangka, ada 23 orang keturunan Asia Selatan, tapi mereka meninggal dalam satu atau beberapa event berbeda antara tahun 700 sampai 1000.

Anehnya, 14 korban yang meninggal dalam peristiwa terpisah di sekitar tahun 1800 bukan dari Asia Selatan melainkan Mediterania. Tepatnya dari Yunani dan Kreta. Tidak ada satupun dari kerangka yang diteliti punya hubungan.