Descriptive Text

Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text adalah salah satu jenis text dalam Bahasa Inggris yang menggambarkan dengan jelas sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan mau pun benda mati. Tujuan dari teks ini adalah memberikan informasi dengan jelas mengenai objek yang digambarkan kepada pembaca.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:

Narrative Text

Recount Text

Ciri-ciri Descriptive Text

  • Menggunakan Simple Present Tense

Teks ini menggunakan Simple Present Tense karena kita akan mendiskripsikan fakta-fakta yang melekat pada suatu objek, dan salah fungsi dari Simple Present Tense sendiri adalah untuk menunjukkan suatu fakta atau kebenaran.

Misalkan kamu ingin mendeskripsikan mengenai tempat tidur kamu, kamu bisa menggunakan kalimat:

The color of my bedroom is blue.

  • Menggunakan banyak kata sifat (adjective).

Karena fungsi dari teks ini adalah untuk memberikan informasi dengan menggambarkan suatu objek yang dideskripsikan, maka dalam Descriptive Text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective). Contohnya adalah big, small, colorful, dan lain sebagainya.

  • Menggunakan kata kerja penghubung (relating verb).

Relating verb adalah kata kerja yang memberikan penjelasan kepada kata benda yang menjadi subjek dari suatu kalimat. Contohnya: is, have, seem, appear, dan kata kerja lainnya.

Generic Structure of Descriptive Text

Descriptive Text mempunyai aturan tersendiri mengenai strukturnya. Berikut ini adalah generic structure descriptive text:

1. Identification

Bagian ini, terletak pada paragraf pertama, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi suatu objek yang ingin dideskripsikan. Indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek yang akan kita jelaskan, sebelum kita memberitahu tentang lebih rinci mengenai objek tersebut pada paragraf selanjutnya.

2. Description

Bagian ini, terletak pada paragraf kedua dan seterusnya, berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu kenalkan pada pembaca pada paragraf pertama.

descriptive text - generic structure

Sumber: englishadmin.com

Contoh Descriptive Text

Contoh Descriptive Text Singkat 1

Jember Regency

Jember is a regency in East Java. It is located in between Bondowoso and Banyuwangi. Banyuwangi is regency that is located at the easternmost end of Java Island, before Bali Strait, so that we can know that Jember is near enough from Bali Island.

Jember is a beautiful place. In Jember, there are a lot of interesting places to visit, such as Papuma Beach, Watu Ulo Beach, Watu Ondo, Pancer Beach, Rembangan, and so on. Jember also has a famous carnival, named Jember Fashion Carnaval. It is an international annual fashion carnival which usually held in August. Beside some beautiful places and a famous carnival, Jember also has a unique culture. People usually called it as Pendhalungan. Pendhalungan is an acculturation culture between Javanese and Maduranese. Jember has a total area of 3,293.34 km2. Because of that, it creates a different culture between North Jember and South Jember. In North Jember, there are a lot of Maduranese people and they usually speak Maduranese. On the other hand, In South Jember, not many Maduranese people live there. It is dominated with Javanese people. Because of that, it creates a new unique language which other regency do not have. The example is word “Cek” which means “very”.

Terjemahan dari descriptive text di atas adalah:

Kabupaten Jember

Kabupaten Jember adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di antara Bondowoso dan Banyuwangi. Banyuwangi adalah kabupaten yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, sebelum Selat Bali, sehingga kita dapat mengetahui bahwa Jember cukup dekat dari Pulau Bali.

Kabupaten Jember adalah tempat yang indah. Di Jember, ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, Watu Ondo, Pantai Pancer, Rembangan, dan sebagainya. Jember juga memiliki karnaval yang terkenal bernama Jember Fashion Carnaval. Karnaval adalah karnaval busana tahunan internasional yang biasanya diadakan pada bulan Agustus. Selain beberapa tempat indah dan karnaval yang terkenal, Jember juga memiliki budaya yang unik. Orang biasanya menyebutnya sebagai Pendhalungan. Pendhalungan adalah budaya akulturasi antara orang Jawa dan Madura. Jember memiliki total area 3.293,34 km2. Hal tersebut menciptakan budaya yang berbeda antara wilayah Jember Utara dan Jember Selatan. Di Jember Utara, ada banyak orang Madura dan mereka biasanya berbicara bahasa Madura. Di sisi lain, di Jember Selatan, tidak banyak orang Madura tinggal di sana. Jember Selatan didominasi oleh orang-orang Jawa. Hal ini menciptakan bahasa unik baru yang tidak dimiliki kabupaten lain. Contohnya adalah kata “Cek” yang berarti “sangat”.

Penjelasan

Contoh teks di atas merupakan salah satu contoh Descriptive Text karena memberikan informasi mengenai objek yang dideskripsikan, yaitu Kabupaten Jember. Selain itu, teks tersebut juga mempunyai struktur dan ciri-ciri yang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri yang dimiliki oleh Descriptive Text.

Ciri-ciri:

  1. Menggunakan Simple Present Tense.

Pada contoh teks di atas, semua kalimat menggunakan Simple Present Tense.