Regular dan Irregular Verbs

Untuk menggunakan banyak kata kerja (verb) dalam bahasa Inggris, kita harus mengetahui bentuk-bentuk lampau dari kata kerja tersebut. Semua kata kerja mempunyai bentuk dasar yang disebut dengan base form atau infinitive. Misalnya look, study, sing, dan lain sebagainya.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:

Degree of Comparison

Explanation Text

Banyak dari kata kerja dalam bahasa Inggris mempunyai bentuk Regular, yaitu mengikuti aturan umum dan membentuk kata pada Simple Past Tense (yang sering disebut dengan Verb 2) dan Past Participle (yang sering disebut dengan Verb 3) yang menggunakan akhiran kata yang sama. Namun, terdapat beberapa kata kerja yang berbeda. Mereka memiliki akhiran yang berbeda dari aturan umum, yang disebut dengan kata kerja Irregular.

Mempelajari regular dan Irregular Verbs akan sangat membantu kita dalam mempelajari lebih dalam mengenai tense yang berkaitan erat dengan penggunaan kata kerja ini sendiri.

regular dan irregular verbs

Regular dan Irregular Verbs.
Sumber gambar: keydifferences.com

Regular Verbs

Kata kerja Regular dalam bahasa Inggris membentuk kata untuk Simple Past tense dan Past Participle dengan menambahkan –ed pada akhir kata.

Contoh:

Base FormSimple PastPast Participle
ArriveArrivedArrived
CallCalledCalled
WaitWaitedWaited

 

Jika kata kerja berakhir dengan huruf konsonan dan diikuti oleh –y, maka kita mengubah -y dengan –i dan menambahkan –ed.

Contoh:

Base FormSimple PastPast Participle
StudyStudiedStudied
TryTriedTried
CarryCarriedCarried

 

Jika kata kerjanya berakhir dengan –e, kita hanya menambahkan –d.

Base FormSimple PastPast Participle
LikeLikedLiked
HateHatedHated
AdmireAdmiredAdmired

 

Berikut ini adalah contoh penggunaan Regular verb: