Spoof Text

Pengertian Spoof Text

Spoof text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan suatu cerita komedi yang memiliki akhir cerita yang tidak bisa ditebak oleh pembaca. Jenis teks ini dianggap paling menyenangkan untuk dipelajari.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:

Future Continuous Tense

Question Tag

Ciri-ciri Spoof Text

Jenis teks ini memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut:

  • Menggunakan Past Tense

Karena teks ini adalah teks cerita atau narasi, maka teks ini menggunakan past tense.

  • Menggunakan Action Verb

Action verb adalah bentuk kata kerja yang menggambarkan sebuah kegiatan yang dapat kita dengar atau lihat.

  • Menggunakan kata keterangan waktu dan tempat

Teks ini memiliki keterangan waktu dan tempat untuk mendukung cerita yang disampaikan.

  • Diceritakan secara kronologis

Cerita disampaikan secara kronologis hingga pembaca merasa tidak ada kejadian lain yang terlewatkan. Hal ini dimanfaatkan untuk penulis agar twist semakin tidak bisa ditebak.

spoof text ilustrasi

Sumber gambar: dreamstime.com

Generic Structure of Spoof Text

Berbeda dengan teks lain, Spoof text memiliki generic structure tersendiri, yaitu:

  • Orientation

Bagian di mana penulis memperkenalkan cerita kepada pembaca melali pengenalan tokoh, tempat, waktu, dan sebagainya.

  • Events

Bagian ini menceritakan kejadian-kejadian yang masih wajar.

  • Twist

Bagian teks yang menceritakan kebalikan dari kejadian wajar  yang lucu dan tidak disangka-sangka sebelumnya.

Contoh Spoof Text

Contoh Spoof Text 1 (tentang ujian geografi)

Geography Test

That day my class would do a Geography test. Everyone was busy studying. They did not even go out from the class to go to the canteen during the break to study. Everyone felt that they had to study hard to get good grades. Actually, not all students. Andy, who was known for being a bad boy at the school, was playing football with his friends from the other classes. “I can cheat,” he thought. Mr. Brian was a strict teacher. Cheating during the test was not easy. But somehow, Andy always managed to do it and ended up getting good grades.

The bell rang. All students of my class went in. Then Mr. Brian arrived. He immediately shared the question sheets one by one to all students in the class. “Please do it individually. One hour”, he said giving the instruction. The first half hour was used by Andy to read the questions and tried to do it himself. The harder he tried to remember, the more he forgot. All he could remember was the memory of him being punished for several times. He didn’t realize the time went fast. At the moment, Mr. Brian said that they had only 15 minutes left. From 30 multiple choice questions, Andy only answered seven of them. Inevitably, Andy asked to cheat from Hasan who was sitting in front of him. Hasan only showed his question sheet that also contained the answer to the left on his desk so that Andy could freely see it. Andy straightened up, trying to cheat from behind.

“Thanks,’ Andy said to Hasan after the test ended.

Hasan just nodded. But soon he was surprised, “Andy, was there any of your question that was the same as mine?”

“What do you mean?”

‘Well, you know… since everyone got different quetion sheet.”

“Damn, I forgot.” Andy’s face turned sour. He forgot that last week Mr. Brian had said that the questions would be different from each other.

Berikut terjemahan dari contoh spoof text singkat di atas:

Ujian Geografi

Hari itu kelasku akan ujian Geografi. Semua orang sibuk belajar. Mereka bahkan tidak keluar dari kelas untuk pergi ke kantin saat istirahat untuk belajar. Semua orang merasa bahwa mereka harus belajar keras untuk mendapatkan nilai bagus. Sebenarnya tidak semua siswa. Andy, yang dikenal sebagai anak nakal di sekolah, bermain sepak bola dengan teman-temannya dari kelas lain. “Aku bisa mencontek,” pikirnya. Pak Brian adalah guru yang keras. Menyontek selama tes itu tidak mudah. Tapi entah bagaimana, Andy selalu berhasil melakukannya dan akhirnya mendapat nilai bagus.

Bel berbunyi. Semua siswa kelasku masuk. Lalu Pak Brian tiba. Dia segera membagikan lembar soal satu per satu kepada semua siswa di kelas. “Tolong kerjakan secara individual. Satu jam”, katanya memberi instruksi. Setengah jam pertama digunakan oleh Andy untuk membaca pertanyaan dan mencoba melakukannya sendiri. Semakin keras dia mencoba untuk mengingat, semakin dia lupa. Yang bisa diingatnya hanyalah ingatan bahwa dia dihukum beberapa kali. Dia tidak menyadari waktu berjalan cepat. Saat ini, Pak Brian mengatakan bahwa mereka hanya memiliki 15 menit lagi. Dari 30 pertanyaan pilihan ganda, Andy hanya menjawab tujuh di antaranya. Mau tidak mau, Andy meminta untuk contekan dari Hasan yang duduk di depannya. Hasan hanya menunjukkan lembar pertanyaannya yang juga berisi jawaban di sebelah kiri di mejanya sehingga Andy bisa dengan leluasa melihatnya. Andy menegakkan tubuh, mencoba mencontek dari belakang.

“Terima kasih,” kata Andy kepada Hasan setelah tes berakhir.

Hasan hanya mengangguk. Tapi tak lama kemudian dia terkejut, “Andy, apakah ada soalmu yang sama dengan soalku?”

“Apa maksudmu?”

“Yah, kau tahu … karena semua orang punya lembar ujian yang berbeda.”

“Sial, aku lupa.” Wajah Andy berubah masam. Dia lupa bahwa minggu lalu Pak Brian mengatakan bahwa soal akan berbeda satu sama lain.

Penjelasan:

Contoh teks di atas adalah contoh Spoof text karena cerita yang disampaikan memiliki twist yang lucu. Selain itu, teks tersebut mempunyai ciri-ciri dan struktur yang dimiliki oleh Spoof text.

Ciri-ciri Spoof Text:

  • Menggunakan Past Tense

Semua kalimat di teks tersebut menggunakan Past Tense.

  • Menggunakan Action Verb

Contoh: studying, playing football, rang, dan lain sebagainya.

  • Menggunakan kata keterangan waktu dan tempat

Waktu menunjukkan kejadian saat jam sekolah dan bertempat di kelas.

  • Diceritakan secara kronologis

Cerita disampaikan secara kronologis dari mulai saat siswa lain belajar dan andy hanya bermain sepak bola, saat ujian dimulai dan Andy mencontek, hingga saat ujian selesai.