Tradisi Kesenian Wayang Kulit MenunjukkanSimbol Kehidupan

Anda masyarakat indonesia?? Ya jika anda masyarakat indonesia asli sudah pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kesenian budaya pewayangan. Pewayangan sendiri juga bervariasi model nya. Ada wayang kulit, ada wayang golek, dan wayang wong.

Seni pewayangan sendiri ada di indonesia sudah sejak lama. Mulai di jaman wali songo seni ini sudah ada di masyarakat indonesia. Yang dimana sebenarnya kesenian ini telah menjadi sebuah kesenian sakral masyarakat jawa.

Pewayangan ini adalah sebuah seni yang di suguhkan dengan mengemas sebuah cerita kehidupan. Yang dimana pada saat ini jika di ulas lebih jauh lagi, bahwa disetiap cerita pewayangan yang disuguhkan secara keseluruhan cerita tersebut memaknai arti sebuah kehidupan dan pemahaman kehidupan yang sangat mendalam.

Dalam sejarah pewayangan sendiri telah jelas tersirat bahwa kesenian ini sebenarnya salah satu cara untuk menjadikan penyebaran agama islam agar lebih mudah diterima oleh kalangan masyarakat yang pada kala itu sangat minim edukasi tentang sebuah sikap dan sifat agar dapat berjalan pada jalan yang benar. Sebuah perpaduan crita islam dengan hindu saat itu syarat diceritakan dalam sebuah cerita pewayangan.

Di dalam kesenian pewayangan, wayang kulit merupakan satu kesenian yang tersohor sampai di berbagai belahan dunia di bandingkan dengan wayang sejenisnya seperti wayang wong, wayang golek. Wayng kulit sendiri terbuat dari kulit hewan yang presisi mulai dari lekuk bentuk sampai tingkat kelenturannya.